Kamis, 06 Juni 2019

MAKANAN KHAS KOREA PART 4

1. GANJANG-GEJANG


Makanan ini adalah salah satu makanan korea yang legendaris karena sudah dikenal sejak zaman Dinasti Jeoseon dan bahkan dituliskan dalam satu buku peninggalan Dinasti Jeoseon. Bahan pembuatan ganjang gejang ini tidak bisa ditemukan di Indonesia.
Merupakan rajungan dalam keadaan mentah yang kemudian difermentasi menggunakan kecap asin khas Korea. Di dalamnya juga terdapat kepiting beserta cangkangnya. Salah satu makanan korea ini juga cocok disajikan dengan nasi.
2. BUDAE JJIGAE 

Makanan ini memiliki sejarahnya tersendiri bagi masyarakat Korea karena merupakan makanan yang populer pada zaman perang di kalangan tentara Korea. Merupakan sup yang berisi mie instan, daging ham, sayuran, sosis dan lainnya yang dimasak menjadi satu kemudian dimakan dalam keadaan hangat.
3. MANDU 

Mandu ini adalah makanan korea yang merupakan pangsit yang sangat khas dari Korea dengan isian yang berbagai macam. Ada yang berisi daging dan jika Anda lebih suka sayuran, ada juga mandu dengan isian sayuran. Biasanya disajikan dengan cara dikukus terlebih dulu dan kemudian dimakan dalam keadaan hangat
4. YANGMYEON 

Ini adalah salah satu sajian ayam goreng khas Korea. Masyarakat Korea umumnya sangat suka dengan ayam, maka dari itu ada banyak sekali restoran ayam goreng yang bisa Anda temukan saat Anda berada di Korea. Yangmyeon ini adalah satu makanan korea yang berupa ayam goreng tepung yang disajikan dengan saus khas Korea yang sangat enak. Anda pasti akan merasa ketagihan saat memakannya.
5. GALBI 

Galbi ini adalah makanan korea berupa daging sapi yang dipanggang, namun bedanya dengan gogigui, daging yang digunakan dalam memasak galbi adalah daging iga sapi. Anda bisa memilih untuk menggunakan galbi yang sudah dibumbui atau tidak dibumbui saat Anda hendak memanggangnya di berbagai restoran yang ada di Korea. Makanan ini juga bisa dimakan bersama dengan sayuran dan lauk pauk lainnya yang biasanya ikut disajikan di satu meja.

6. PATBINGSU 


Patbingsu ini adalah salah satu makanan korea yang berupa dessert atau makanan penutup. Berupa es seru yang pada bagian atasnya ditaburi dengan kacang merah dan sirup. Namun untuk Anda yang tidak suka kacang merah, kini ada banyak bingsu yang disajikan dengan toping lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Ketika musim panas ada banyak sekali restoran dan tempat makan yang menyajikan bingsu.

7. JIPANGYI ICE CREAM 


Ingin mencicipi jenis dessert lainnya dari Korea? Maka Anda harus mencoba jipangyi ice cream. Ini adalah sajian ice cream dengan cone namun yang membuatnya berbeda dari yang lain adalah bentuk cone yang digunakan.
Jika biasanya cone ice cream itu berbentuk kerucut, namun lain halnya dengan jipangyi ice cream yang conenya bisa berbentuk spiral, hati, tongkat dan lain sebagainya. Ice cream ini banyak dijual di pinggiran jalan.
8. POOP BREAD 

9 . HOTTEOK 

Hotteok ini adalah makanan korea berupa roti yang dimakan dalam keadaan panas dan masih termasuk ke dalam dessert. Ada banyak warung di pinggir jalan yang menjual makanan Korea yang satu ini. Saat ini pun hotteok banyak disajikan menjadi dessert yang dimodifikasi di berbagai restoran, seperti misalnya disajikan dengan ice cream di atasnya. Biasanya di dalam hotteok juga diberi isian seperti kacang merah.

10. ODEN 

Jajanan korea yang tak kalah populernya adalah oden yang terbuat dari ikan. Konsep pembuatannya mirip dengan pempek karena merupakan ikan yang diolah dengan tepung dan kemudian digoreng. Namun biasanya oden disajikan dalam bentuk yang tipis dan kemudian ditusuk dengan tusuk sate serta bisa dimakan dengan sup hangat.
Atau ada juga orang yang mencampurkan oden ini adalam ramyeon atau tteokbokki. Karena paduan oden dengan makanan-makanan tersebut memang sangat cocok. Anda bisa menikmati oden ini dengan mudah karena banyak sekali disajikan dalam pojangmaca atau truk-truk makanan pinggir jalan di Korea. Terutama di malam hari ada banyak sekali masyarakat yang akan menikmati Oden ini.
Source : 
https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-korea/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar