Selasa, 10 September 2019

INGREDIENTS #3

1. Green Beans 
alodokter.com

Buncis (dari bahasa Belanda boontjes untuk kacang-kacangan secara umum), adalah sejenis polong-polongan yang dapat dimakan dari berbagai kultivar Phaseolus vulgaris. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.
Cara menanam tanaman buncis adalah tanam langsung dengan memasukan 2-3 biji kedalam lubang sedalam 1- 2 cm kemudian ditimbun tanah, panen biasanya sudah bisa dilakukan setelah 60 hari atau polong kacang sudah cocok disayur.
Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat.
Sejarah 
Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.) berasal dari Amerika, sedangkan kacang buncis tipe tegak (kidney bean) atau kacang jogo adalah tanaman asli lembah Tahuacan-Meksiko. Penyebarluasan tanaman buncis dari Amerika ke Eropa dilakukan sejak abad 16. Daerah pusat penyebaran dimulai di Inggris (1594), menyebar ke negara-negara Eropa, Afrika, sampai ke Indonesia.
Pembudidayaan tanaman buncis di Indonesia telah meluas ke berbagai daerah. Tahun 1961-1967 luas areal penanaman buncis di Indonesia sekitar 3.200 hektar, tahun 1969-1970 seluas 20.000 hektar dan tahun 1991 mencapai 79.254 hektar dengan produksi 168.829 ton. Di Indonesia, buncis polong yang lazim dibudidayakan hanyalah varietas hijau, dengan biji putih, tipe merambat. Sementara buncis biji yang paling banyak ditanam, adalah varietas berbiji merah (kacang merah), yang merupakan tipe tegak. Namun buncis polong, lebih luas pembudidayaannya dibanding buncis biji. Benih buncis polong tipe merambat, ada yang hibrida eks impor. Ada pula hasil budidaya breeder Indonesia. Para petani, umumnya memproduksi benih sendiri untuk keperluan mereka. Benih produksi para petani ini ada pula yang dijual di kios benih di pasar-pasar tradisional. Benih tradisional ini memang kalah produktif jika dibanding dengan benih-benih hibrida eks impor. Namun relatif lebih tahan terhadap penyakit tanaman. Buncis yang ditanam di Indonesia merupakan hasil produksi dari kurang lebih 100 kultivar yang berasal dari Hawai, Belanda dan Australia. Varietas buncis yang mempunyai nilai produksi tinggi adalah Sutera, Horti 3, Lebat-1, Snap Bean G13 Snap 612 dan Sora
Buncis dalam perdagangan dunia disebut  Common bean (Phaseolus vulgaris). Genus Phaseolus sendiri terdiri dari sekitar 50 spesies, yang seluruhnya berasal dari Amerika Tropis. Paling tidak ada empat spesies dari 50 spesies Phasealus yang sudah mulai dibudidayakan sejak sebelum Columbus datang ke benua Amerika. Sekarang, buncis sudah dibudidayakan di seluruuh dunia, mulai dari kawasan tropis, sub tropis, gurun bahkan di negeri yang bermusim dingin. Di negeri yang beriklim sub tropis atau dingin, budidaya buncis hanya bisa dilakukan selama musim panas, atau di dalam greenhouse. Di kawasan gurun, budidaya buncis juga hanya bisa dilakukan di dalam greenhouse, atau di alam terbuka namun dengan diberi tanaman pelindung untuk menahan angin.

Kandungan Gizi 
Manfaat buncis diperoleh dari kandungan nutrisi di dalamnya. Buncis terkenal sebagai makanan sumber serat, folat, mangan, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.
Dalam setiap satu cangkir (sekitar 100 gram) buncis, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:
  • 35 kalori
  • 3 gram serat
  • 2 gram protein
  • 5 mg karbohidrat
  • 12 mg vitamin C
  • 43 mikrogram vitamin K
  • 33 mikrogram folat
  • 690 IU vitamin A
Buncis juga kaya akan mineral, terutama mangan. Kandungan mineral lain yang ada dalam buncis adalah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Manfaat Buncis Berdasarkan Kandungan Gizinya

Berdasarkan kandungan gizinya, berikut sejumlah manfaat buncis untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dan antioksidan pada buncis bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan sehat, termasuk buncis dan kacang-kacangan, berisiko lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Menyehatkan saluran pencernaan

Buncis mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk pencernaan, karena dapat membantu merangsang pergerakan usus sekaligus mencegah sembelit. Buncis juga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet, karena rendah kalori dan tidak mengandung lemak, namun tinggi serat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin C pada buncis berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan penting dalam pembentukan kolagen.

4. Memelihara kesehatan mata

Satu cangkir buncis mentah mengandung sekitar 15 persen nilai gizi harian vitamin A yang direkomendasikan. Vitamin A sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, organ reproduksi, memperkuat sistem imun tubuh, dan mencegah kanker.

5. Memiliki manfaat lain bagi kesehatan

Masih banyak kandungan gizi buncis yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti:
  • Folat yang baik untuk kesehatan janin dan mencegah cacat lahir.
  • Mangan, yang dapat membantu memelihara metabolisme tubuh, kesehatan tulang, serta mempercepat penyembuhan luka.
  • Vitamin K, yang berperan penting dalam pembekuan darah. Vitamin K juga diperlukan untuk pembentukan tulang dan melindungi tulang dari osteoporosis.
Di samping berbagai manfaat di atas, buncis juga baik untuk menu diet, terutama bagi penderita diabetes, karena tidak mengandung lemak, tinggi serat, dan memiliki indeks glikemik yang rendah.

Karakteristik
Ciri-ciri tanaman buncis ini adalah warnanya agak hijau muda dan suram, permukaan kulitnya agak kasar, biji yang ada didalam buncis belum menonjol, serta bila buncis ini dipatahkan akan menimbulkan bunyi atau suara letup. 

2. Green Peas 
alodokter.com

Kacang polong adalah sumber protein yang baik, rendah lemak dan kaya akan serat dan mineral.
Kandungan vitamin dan antioksidan dalam kacang polong sangat berguna untuk rambut, metabolisme dan kesehatan jantung.
Dalam 100 gram kacang polong memiliki 343 kalori.
Dalam 100 gram kacang polong mengandung.
  • 62,78 gram karbohidrat
  • 21,70 gram protein
  • 1,49 gram lemak total
  • 15 gram serat makanan
  • 456 mikrogram folat
  • 2.965 miligram niacin
  • 17 miligram sodium
  • 1392 miligram potasium
  • 130 miligram kalsium
  • 1.057 mikrogram tembaga
  • 5,23 miligram besi
  • 183 miligram magnesium
  • 1,791 miligram mangan
  • 367 miligram fosfor
  • 8,2 mikrogram selenium
  • 2,76 miligram sen

Manfaat Kacang Polong untuk Tubuh

Berikut adalah beragam manfaat kacang polong bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin:

1. Mengontrol gula darah

Penderita diabetes perlu memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, untuk mencegah kenaikan kadar gula darah. Salah satu jenis makanan yang dapat membantu mengontrol gula darah adalah kacang polong, karena kacang polong memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga lebih lambat meningkatkan kadar gula darah.
Selain itu, kandungan protein dan serat pada kacang polong juga bisa membantu mengendalikan dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Hal ini menjadikan kacang polong sebagai salah satu makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes.

2. Menjaga kesehatan jantung

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengontrol tekanan darah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.
Kacang polong bisa menjadi pilihan makanan untuk mencegah tekanan darah tinggi karena mengandung sejumlah mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium.
Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dan serat pada kacang polong juga bisa mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan mencegah terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosi) yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.
Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kacang polong bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung.

3. Mengurangi risiko kanker

Mengonsumsi kacang polong secara teratur dapat mengurangi risiko kanker. Hal ini berkat kandungan antioksidannya yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh.
Kacang polong juga mengandung saponin, yaitu senyawa pada tanaman yang dikenal memiliki efek antikanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saponin dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan mencegah beberapa jenis kanker.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Saluran pencernaan yang sehat dapat menyerap nutrisi dari makanan secara optimal. Karena itulah, kesehatan pencernaan perlu dijaga.
Kacang polong adalah sumber serat yang baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran cerna. Selain itu, konsumsi serat yang cukup juga dapat mengurangi risiko terjadinya radang usus, iritasi usus, dan kanker usus besar.

5. Merupakan sumber protein yang baik

Apakah Anda merasa mudah lapar meskipun sudah makan dengan cukup? Mungkin Anda kurang asupan protein dan serat. Makanan yang mengandung protein dan serat akan membuat Anda kenyang lebih lama, karena kedua jenis nutrisi ini lebih lambat dicerna oleh tubuh.
Kacang polong adalah sumber protein dan serat yang tinggi. Jadi, mengonsumsi kacang polong dapat mengendalikan nafsu makan Anda dan membuat Anda tidak cepat lapar. Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk menjaga kekuatan otot dan kesehatan tulang.
Semua manfaat kacang polong ini adalah berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Tidak hanya sehat, kacang polong juga sangat mudah ditemukan dan mudah diolah menjadi beragam masakan. 

Karakteristik 

Ciri-Ciri Tanaman Kacang Polong

1. Merupakan tanaman semusim berupa semak dan menjalar. 
2. Memiliki batang panjang, kecil dan ramping.
3. Tipe daunnya majemuk, menyirip dengan 2-3 anak pasang daun.
4. Berbentuk tandan yang terdiri dari 1-2 bunga.
5. Kelopak berwarna hijau, terdiri atas 5 daun kelopak. 
6. Daun mahkota berjumlah 5, berwarna putih, coklat, atau merah muda.
7. Benang sari berjumlah 10 yang terbagi menjadi 2 berkas. 
8. Bakal buah terdiri atas 4-15 bakal biji.

3. Kacang Tanah 

duniaplant.blogspot.com

Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan / kacang kacangan dari family fabiodeae yang juga merupakan tanaman penting dari keluarga polong-polongan kedua setelah tanaman kedelai. Kacang tanah merupakan salah satu tanaman tropic yang tumbuh secara perdu yang memiliki tinggi 30 – 50 cm dan tanaman yang mengeluarkan daun yang kecil. Kacang tanah merupakan tanaman pangan berupa semak yang berasal dari Amerika Selatan, tepatnya berasal dari Brazilia. Penanaman pertama kali dilakukan oleh orang Indian (suku asli bangsa Amerika).

Sejarah 

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol,Cina,atau Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597 Pada tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris dan pada tahun 1864 Scheffer memasukkan pula Kacang Tanah dari Mesir Republik Rakyat Cina dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.
Di Indonesia
Kacang tanah terpusat di Pulau Jawa, Sumatra Utara, Sulawesi dan kini telah ditanam di seluruh Indonesia. Tanaman Kacang tanah bisa dimanfaatkan untuk makanan ternak, sedang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber protein nabati , minyak dan lain-lain.
Sebagai tanaman budidaya, kacang tanah terutama dipanen bijinya yang kaya protein dan lemak. Biji ini dapat dimakan mentah, direbus (di dalam polongnya), digoreng, atau disangrai. Di Amerika Serikat, biji kacang tanah diproses menjadi semacam selai dan merupakan industri pangan yang menguntungkan. Produksi minyak kacang tanah mencapai sekitar 10% pasaran minyak masak dunia pada tahun 2003 menurut FAO. elain dipanen biji atau polongnya, kacang tanah juga dipanen hijauannya (daun dan batang) untuk makanan ternak atau merupakan pupuk hijau.

Kandungan Gizi
Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue.
Kacang tanah juga dikatakan mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Kacang tanah bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resoki penyakit jantung koroner. Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis dapat membantu kekurangan zat.

Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Dalam 1 ons kacang tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9.Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida, dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol. Kacang tanah juga mengandung arginin yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida yang berfungsi untuk melawan bakteri tuberkulosis.
Kajian-kajian menunjukkan kacang tanah dapat sebagai penurun tekanan darah tinggi dan juga kandungan kolestrol dalam darah, berkesan untuk melegakan penyakit hemofilia atau kecenderungan mudah berdarah, penyakit keputihan dan insomnia.  Namun Kacang tanah sangat dicegah pada mereka yang menghadapi penyakit jenis kanker payudara dan yang mempunyai masalah jerawat atau acne juga dinasihatkan berhenti mengonsumsi kacang tanah.

Manfaat Kacang Tanah 

1. Menurunkan berat badan

Suatu penelitian yang dilakukan oleh O’Byrne DJ berhasil mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kacang selama enam bulan, mampu menurunkan berat badan partisipan sebesar tiga kilogram. Dalam penelitian ini partisipan merupakan wanita yang telah memasuki masa menopause. Kondisi ini terjadi karena terdapat penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh partisipan, setelah melakukan diet dengan mengonsumsi makanan rendah lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan kandungan asam oleat kacang.
Penelitian tersebut didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh Alper CM yang mengungkapkan bahwa memakan kacang mampu membuat Anda merasa puas sehingga mengurangi keinginan Anda untuk ngemil camilan yang lain. Penelitian yang dilakukan oleh Alper ini juga menambahkan bahwa mengkonsumsi kacang, membuat tubuh Anda menyerap 66 persen energi yang dikandung oleh kacang namun tak lantas menaikkan berat badan Anda meskipun hanya satu kilogram.
Selain itu, kandungan protein dan lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki oleh kacang, mampu memicu meningkatkan pelepasan energi tubuh hingga 11 persen setelah mengkonsumsi kacang selama 19 minggu.

2. Kesehatan jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Guasch-Ferre menyimpulkan bahwa pemberian suplemen yang mengandung kacang kepada 7.216 pria dan wanita berusia 55 hingga 80 tahun mampu mengurangi peluang Anda terserang penyakit kardiovaskuler hingga 34 persen karena kandungannya yang kaya akan magnesium, yang diyakini mampu mengatasi kanker, jantung dan penyakit lain yang dapat menyebabkan kematian.
Hal ini didukung suatu studi yang menambahkan bahwa mengonsumsi kacang selama 30 minggu, mampu menurunkan t
trigliserida sebesar 24 persen serta menaikkan kadar magnesium dalam tubuh yang mampu menurunkan risiko paparan penyakit kardioveskuler terhadap tubuh Anda.

3. Kesehatan empedu

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tsai CJ terhadap beberapa partisipan yang baru-baru saja menunjukkan gejala-gejala terserang batu empedu menunjukkan bahwa secara rutin mengkonsumsi kira-kira lima ons kacang tiap minggu, berhasil menurunkan peluang para partisipan tersebut terserang batu empedu. Dibandingkan dengan yang mengkonsumsi kurang dari satu ons selama satu bulan, atau bahkan tidak mengkonsumsinya sama sekali.
Umumnya, batu empedu terjadi karena adanya penumpukan kolesterol pada empedu Anda. Namun kacang memiliki kandungan yang mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Lokko P, yang menambahkan bahwa mengkonsumsi secara rutin selama delapan minggu, mampu menurunkan kadar kolesterol total (7.2 persen) dan trigliserida (20 persen) dalam tubuh.

Jangan dimakan kebanyakan

Namun, seperti yang telah dilakukan pada sejumlah penelitian di atas, kacang tanah sebaiknya dikonsumsi dalam takaran tertentu per harinya. Beberapa literatur mengatakan bahwa konsumsi kacang tanah dengan takaran berlebihan justru dalam menurunkan kadar mineral dalam tubuh Anda hingga meningkatkan risiko Anda terserang gagal ginjal. 

Karakteristik Kacang Tanah 
1. Daun

Kacang tanah berdaunnya adalah majemuk bersirip genap, terdiri atas empat anak daun dengan tangkai daun agak panjang. Helaian anak daun ini bertugas menerima cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Daun kacang tanah mulai gugur pada akhir masa pertumbuhan dan dimulai dari bagian bawah. Selain berhubungan dengan umur, gugur daun kadang ada hubungannya dengan faktor penyakit.

2. Bunga 

Bunga kacang tanah biasanya keluar dari ketiak daun. Bentuk bunganya tampak aneh. Setiap bunga seolah-olah bertangkai panjang berwarna putih. Ini sebenarnya bukan tangkai bunga melainkan tabung kelopak. Mahkota bunganya berwarna kuning. Bendera dari mahkota bunganya bergaris-garis merah pada pangkalnya. Umur bunganya hanya satu hari, mekar di pagi hari dan layu pada sore hari. Bunga kacang tanah dapat melakukan penyer bukan sendiri. Penyerbukan terjadi sebelum bunga- nya mekar. Sepanjang malam tabung kelopaknya tumbuh memanjang dan sebelum mencapai panjang maksimum 7 cm, biasanya penyerbukan telah terjadi. Beberapa jam kemudian, barulah terjadi pembuahan. Penyerbukan yang dilakukan oleh alam dapat terjadi, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil, kira-kira 0,5 persen.

3. Buah

Kacang tanah berbuah polong. Polongnya terbentuk setelah terjadi pembuahan. Setelah terjadi pem buahan, bakal buah tumbuh memanjang. Inilah yang disebut ginofora yang nantinya akan menjadi tangkai polong. Mula-mula ujung ginofora yang runcing mengarah ke atas. Setelah tumbuh, ginofora tersebut mengarah ke bawah dan selanjutnya masuk ke dalam tanah. Pada waktu ginofora menembus tanah, peranan hujan sangat membantu. Setelah terbentuk polong pertumbuhan memanjang ginofora akan terhenti. Panjang ginofora dapat mencapai 18 cm. Ginofora yang terbentuk di cabang bagian atas tidak masuk ke dalam tanah sehingga tidak akan membentuk polong 

4. Biji 

Warna biji kacang tanah bermacam-macam; ada yang putih, merah, ungu, dan kesumba. Kacang tanah yang paling baik adalah yang berwarna kesumba

5. Akar 

Kacang tanah berakar tunggang dengan akar cabang yang tumbuh tegak lurus pada akar tunggang tersebut. Akar cabang ini mempunyai akar-akar yang bersifat sementara dan berfungsi sebagai alat penyerap. Akar-akar ini dapat mati dan dapat juga menjadi akar yang permanen (tetap). Bila menjadi akar tetap, maka akan berfungsi kembali sebagai penyerap makanan. Kadang-kadang polongnya mempunyai alat penghisap seperti bulu akar yang dapat menyerap makanan.

6. Morfologi kacang tanah 

Pada varietas yang bertipe menjalar terdapat juga perakaran yang disebut akar adventif. Akar ini terdapat pada buku-buku cabang yang menjalar menyentuh tanah. Dengan adanya akar ini, daerahpenyerapan unsur hara akan lebih luas karena akar adventif ini pun berfungsi sebagai alat pengisap penyerap.

Source : 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Buncis
http://histakesmusic.blogspot.com/2015/07/Pengertian-Dari-Buncis-Serta-Ciri-Cirinya-dan-Manfaatnya.html?m=1
https://www.alodokter.com/manfaat-buncis-ternyata-lebih-kaya-daripada-sayuran-kacang-sejenis
http://dindaainfarhana.blogspot.com/2013/02/v-behaviorurldefaultvmlo.html?m=1
https://www.google.com/amp/s/wow.tribunnews.com/amp/2018/12/17/5-manfaat-kacang-polong-untuk-kesehatan-tubuh-bisa-cegah-anemia-hingga-kurangi-peradangan
https://www.alodokter.com/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-kacang-polong-untuk-kesehatan
https://brainly.co.id/tugas/7044498
http://duniaplant.blogspot.com/2015/09/pengertian-definisi-kacang-tanah-jenis.html?m=1
https://www.google.com/amp/s/amanmartabak.wordpress.com/2012/11/01/sejarah-kacang-tanah/amp/
https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-kacang-tanah-kesehatan/amp/
http://diseruput.blogspot.com/2018/08/sifat-dan-ciri-tanaman-kacang-tanah_17.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar