Jumat, 06 Desember 2019

DAILY ACTIVITY #54

"SEEK THAT YOUR LAST DAYS BE YOUR BEST DAYS"

Okay guys, hari ini adalah ujian final kami . dan yahh tentunya ini adalah hari terakhir kami untuk praktik di kitchen selama semester 3 ini. Banyak kisah sedih senang bahagia dan kecewa kita lalui bersama bahkan bertengkar dengan teman satu team pun menjadi hal wajar bagi kami. hingga diusir dari kitchen pun kami pernah mengalaminya beberapa kali.. 

Semua ini menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan, kami tersenyum bersama, menangis bersama semua kami lalui bersama-sama. setiap hari demi hari selalu ada drama dibaliknya. 
yang membuat kami menantikan episode apa selanjutnya yang akan terjadi 



Dan hari yang kami tunggu-tunggu pun datang, yaps hari terakhir. sedih karna harus berpisah dengan mereka. ya walaupun kadang mereka sangat menjengkelkan dan sering membuat kami kewalahan dan bahkan emosi sendiri, tapi bagaimana pun juga kami adalah satu team kitchen. walaupun dibagi bagi per section tapi kami tetaplah satu team. Iya kan? 



Tanpa adanya kekompakkan dan kerja keras kami semua, pasti hasil jadinya juga tidak ada yang bagus, satu salah semua kena itu adalah slogan kami selama di kitchen. Jika salah satu ada yang berbuat salah makan satu kelas pun akan kena imbasnya. Awalnya bagi orang yang tidak mengenal dunia kitchen pasti akan berkata tidak adil bukan? tetapi setelah kalian mengenal bahkan telah menjadi orang kitchen kalian pasti akan merasakannya, merasa kan bahwa kami adalah team, kami adalah keluarga,dan kami adalah team work yang harus dibangun agar kita berhasil menyelesaikan misi dalam kitchen setiap harinya 

Bayangkan saja jika ada salah satu dari team kami ada yang egois atau ingin menang/kerja sendiri, apakah team work kami akan berhasil? tentu saja tidak. Kami tidak akan berhasil tanpa adanya kerja sama dan solidaritas dari team kami sendiri. Bukannya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain? 




Menghargai pendapat orang lain juga sangat dibutuhkan selama di kitchen,kadang kami sering salah paham terhadap orang lain, dan dengan kesalah pahamaan itu membuat team kami menjadi renggang dan juga adu mulut. Tetapi untung nya semua itu masih bisa kami kontrol walaupun kadang masih ada yang suka julid hahaha 

Diam-diam an selama dikitchen pun sebenarnya sering kita jumpai, ada yang baper saat di marah in oleh tim leader kami dan menyebabkan orang yang terkena marah pun sedih dan kecewa. hingga menyebabkannya diam seribu bahasa kepada team leader kami. ada juga yang diam-diam an karna menaruh rasa terhadapnya dan kemudian rasa canggung pun mulai muncul diantara mereka berdua. 




"COMMING TOGETHER IS A BEGINNING,STAYING TOGETHER IS PROGRESS,AND WORKING TOGETHER IS SUCCES"
-Henry Ford 

Sebenarnya banyak beraneka macam drama di kitchen yang tidak bisa diceritakan satu-satu. Saat aku mengingatnya pun membuatku ketawa,sedih bahkan terharu hahhaa.. 

Aku bangga dan bahagia menjadi orang kitchen, karena menjadi orang kitchen harus membutuhkan kerja keras dan mental yang kuat. tidak semua orang bisa menjadi orang kitchen, banyak teman2 ku yang berguguran satu demi satu karena mental mereka tidak kuat. Maka dari itu aku bangga sekali karna sampai sekarang kerja keras ku dan mentalku masih kuat, dan aku pun akan terus berusaha agar kelak mimpi yang selama ini ku pendam akan berhasil disuatu saat nanti 

"A DREAM DOESN'T BECOME REALITY THROUGH MAGIC; IT TAKES SWEAT,DETERMINATION, AND HARD WORK"
-Colin Powel

Dan hari ini menu yang kami handle adalah menu ala carte 2. Aku pun menghandle bagian appetizer bersama teman saya yaitu Astrid. Karena di Appetizer terdapat 4 macam menu yaitu Chef Salad,Empek-empek,Jellied Fruit Salad dan Thai Papaya and Mango salad. 



Jadi kami pun membagi 2 menu tersebut dan alhasil aku pun mendapatkan menu chef salad dan juga empek-empek. Saat prepare chef salad pun aku dibantu dengan temanku dina, sedangkan saat prepare empek-empek temanku ernika pun membantuku. Aku pun ingin berterimakasih terhadap mereka karena tanpa mereka pekerjaan kami tidak akan berjalan mulus..Makasihh ya guyss :D 




Ujian kami ada di hari terakhir yaitu hari kamis, jadi kami prepare di hari sebelumnya yaitu hari rabu. Kami mulai memotong-motong salad yang akan digunakan untuk chef salad 

Kemudian dilanjut dengan membentuk empek-empek satu demi satu, hingga selesai. 




Hari kamis pun datang kami pun menyiapkan semuanya sedari pagi, dan resto pun dibuka pada pukul 13.00 setelah sholat dzuhur dan seperti biasa pada pukul 14.00 resto pun tutup. 

Hari ini ada jadwal kajian untuk laki-laki. mereka pun meninggalkan kitchen dan menuju masjid pada pukul 15.00. Para wanita pun akhirnya menyelesaikan general cleaning tersebut hingga selesai. 

Setelah kajian berakhir, para lelaki tidak dibolehkan untuk pulang terlebih dahulu, karena akan ada sesi foto untuk kami. yaps foto untuk terakhir kalinya kami disini. aku harap kami bisa berkumpul kembali disini setelah 6 bulan nanti tanpa ada kurang satu orang pun. semoga kalian semua bisa kuat yah di tempat training kalian masing-masing, aku tau pasti suatu saat nanti kalian akan merasakan beratnya hidup di kota orang lain yang jauh dari keluarga. tapi aku yakin kalian pasti bisa, begitu pun juga dengan diriku. AKU YAKIN AKU BISA! LOVE YOU ALL!! 




***

RECIPE OF EMPEK EMPEK 


Ingredients : 
60 gr tenggiri fish 
30 gr tapioca flour 
30 gr garlic 
50 gr shallot 
1 dl hot water 
5 gr salt 
150 gr cucumber (cut into brunoise) 
5 pcs egg 

for sauce : 
25 gr hot chilli (grind) 
15 gr garlic (grind) 
150 gr brown sugar (grated) 
3 dl vinegar 
30 gr tong cai 
50 gr ebi 

How to make : 
1. Clean,fillet and trimmed the fish 
2. Grind fish than add shallot,garlic grind and mix together 
3. Put tapioca flour little by little in dough fish alternately add egg one by one, mix all until smooth. than put salted water and taste with salt and pepper 
4. Forming the dough make with cylinder 
5. Boil empek empek until cooked 
6. For sauce : mix all ingredients and stir until blended 
7. Serve empek empek with sauce 

RECIPE OF CHEF'S SALAD 




INGREDIENT:
3 kg Mixed salad greens
700 gr Chicken breast,cut into thin strips
700 gr Beef bacon, cut into thin strip
700 gr Cheddar cheese, cut into thin strips
50 gr tomato wedges or cherry tomatoes
50 gr hard-cooked egg quarters
25 gr Radishes
225 gr carrot,cut batonnet
25 gr green bell pepper rings

PROCEDURE:
1.       Place the greens in coold salad bowls,approximately  4 oz (125 g) per portion
2.       Arrange the turkey, ham,and cheese strips neatly on top of the greens. Keep the items separate-do not mix them all together.
3.       Arrange the remaining items attractively n the salda
4.       Hold for service. If salad must be held for over 1 hour,they should be covered so the meats and cheese don’t dry out

5.       Serve with any appropriate salad dresing,served on the side in a separate container.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar