Sabtu, 02 Maret 2019

Equipment and Utensil #10

Equipment 

1. Refrigerator 

Hasil gambar untuk refrigerator

Fungsi : Alat untuk menyimpan makanan dalam suhu dingin 

Material : Stainless steel 
Cara membersihkan : 
  • 1. Cabut stop kontak sebelum Anda membersihkan kulkas. Selain untuk menghindari pembuangan energi, mencabut stop kontak akan menghindari risiko tersetrum saat Anda membersihkan perabot satu ini.
  • 2. Kosongkan isi kulkas. Selama mengeluarkan bahan makanan dari kulkas, jangan lupa juga untuk memilahnya. Buang bahan makanan yang sudah kedaluwarsa. Bahan pangan yang masih baik dapat Anda simpan sementaran dalam es agar tetap aman dan dingin selama Anda membersihkan kulkas.
  • 3. Lepaskan seluruh rak dan laci. Gunakan sarung tangan pencuci piring untuk menghindari licin pada tangan sehingga membantu mencegah kaca terlepas dari genggaman dan pecah.
  • 4. Kemudian, cuci semua rak dan laci kulkas di wastafel. Namun bila terlalu berat dan besar untuk dicuci di wastafel dapur Anda, Anda dapat melakukannya di bak mandi. Laci dan rak yang terbuat dari plastik dapat dicuci dengan air panas dan sabun cair pencuci piring Sunlight Plus Anti Bau . Namun, laci dan rak kulkas berbahan kaca perlu didiamkan terlebih dulu pada suhu kamar sebelum dicuci dengan air panas untuk mencegah retak. Kemudian, bilas dan keringkan dengan lap atau handuk bersih.
  • 5. Buat larutan pembersih dengan mencampurkan air panas dan sabun cair pencuci piring Sunlight Plus Anti Bau, lalu masukkan ke dalam semprotan. 6.Lanjutkan dengan membersihkan interior kulkas. Mulailah membersihkan seluruh dinding bagian dalam kulkas dengan menyemprotnya menggunakan larutan pembersih. Lakukan pembersihan dari atas ke bawah untuk mencegah tetesan pada permukaan yang sudah bersih.
  • 7.Bersihkan pula penyangga rak dan laci kulkas, serta segel karet pada pintu. 8.Gunakan sikat gigi bekas atau spons non-abrasif untuk membersihkan kotoran dari celah-celah.
  • 9.Lalu, bilas seluruh permukaan kulkas bagian dalam dengan lap basah yang bersih, dan keringkan dengan lap atau handuk kering
  • 10.Setelah bagian dalam kulkas bersih, saatnya membersihkan bagian luarnya. 11.Lakukan pembersihan mulai dari atas dengan menggunakan campuran air dan sabun cair cuci piring. Jika Anda memiliki lemari berbahan es stainless steel, Anda harus menggunakan kain lembut non-abrasif untuk membersihkannya.
  • 12.Lalu, bilas seluruh permukaan kulkas bagian luar dengan lap basah yang bersih, dan keringkan dengan lap atau handuk kering.

2. Sink 
Hasil gambar untuk single sink kitchen

Fungsi : Untuk mencuci keperluan dapur 
Material : Stainless steel 
Cara membersihkan : Gunakan baking soda untuk membersihkan tanpa menggores stainless steel. Bilas wastafel dengan cuka yang akan bergelembung dan sedikit mendesis. Cuka secara alami membasmi kuman sambil membantu menghilangkan noda air dari wastafelstainless steel Anda. Kemudian gosok sedikit dengan spons dan bilas wastafel dengan air.

3. Mixers
Hasil gambar untuk mixer roti

Fungsi : Digunakan untuk mencampur bahan adonan yang biasanya digunakan untuk pembuatan kue.
Material : Stainless steel 
Cara membersihkan : 
  • Cabut kabel mixer dari sumber listrik sebelum Anda membersihkannya.
  • Lepaskan pengaduk dan komponen lainnya. Lalu, cuci dengan Sunlight Plus Anti Bau dan air hangat. Kandungan jeruk nipis dan teh hijau dalam Sunlight Plus Anti Bau, mampu menghilangkan bau amis telur dalam adonan. Gunakan spons cuci piring untuk mengangkat adonan yang menempel. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan benar untuk menghindari karat.
  • Bersihkan mangkuk pengaduk. Anda dapat mencuci mangkuk dengan mesin pencuci piring atau tangan. Gunakan bantuan spons cuci piring dan sikat gigi bekas untuk membersihkan celah-celah yang sulit dijangkau oleh spons.
  • Bersihkan permukaan badan mixer listrik dari noda sisa adonan dan kotoran lain yang menempel. Gunakan kain lap basah atau spons cuci piring yang dicelupkan ke dalam larutan sabun Sunlight Plus Anti Bau dan air hangat. Pastikan untuk memeras kain lap atau spons secara menyeluruh sebelum menyeka mixer untuk menghindari air membasahi motor mixer.
  • Balikkan mixer dan bersihkan juga bagian bawahnya.
  • Bersihkan area sekitar tombol mixer.
Utensil 

1. Zester 
Hasil gambar untuk zester utensil adalah

Fungsi : Digunakan sebagai alat untuk memarut kulit jeruk 
Material : Stainless steel 
Cara membersihkan : Bersihkan dengan sponge yang sudah diberi sabun pembersih lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering 

2. Pastry Brush 
Hasil gambar untuk pastry brush
Fungsi : Digunakan untuk memoles cairan atau telur pada permukaan roti,adonan atau kue 
Material : Plastik , silicon 
Cara membersihkan : Bersihkan dengan sponge yang sudah diberi sabun pembersih lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering 

3. Proofing baket 
Hasil gambar untuk proofing basket
Fungsi : Digunakan untuk meletakkan adonan setelah di istirahatkan 
Material : rotan atau plastik 
Cara membersihkan :  Bersihkan dengan sponge yang sudah diberi sabun pembersih lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering 


Source :
 http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/937964/kulkas-bersih-bebas-dari-bau-tak-sedap
https://www.rucika.co.id/4-cara-membersihkan-wastafel-stainless-steel/
http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/941598/mixer-bersih-dan-tidak-bau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar