Senin, 27 Mei 2019

MAKANAN KHAS KOREA PART 3

1. SAENGSON GUI 

Saengson gui berarti ikan panggang dalam bahasa Indonesia. Biasanya makanan korea ini dibuat dari ikan mackerel, kelebihannya ikan mackerel ini biasanya tidak berbau amis sehingga rasanya lebih lezat daripada ikan panggang lain yang pernah Anda rasakan. Sebelum dipanggang tentunya ikan mackerel itu dibumbui terlebih dulu dengan berbagai macam bumbu khas Korea.

2. SUNDUBU JJIGAE 


Sundubu jjigae, adalah sup tahu pedas merupakan salah satu sup popular dari Korea. Makanan ini berbahan tofu atau tahu sutera yang sangat lembut disajikan dalam kaldu sapi pedas berwarna merah. Selain tofu, sup pedas ini dilengkapi dengan suwiran daging sapi atau ayam, bawang bombay, seafood seperti kerang hijau ataupun udang serta telur setengah matang.  Nasi putih dan beberapa lauk biasanya menjadi teman menikmati sundubu serta kimchi pastinya.

Sup tofu pedas ini sangat cocok sebagai hidangan saat hujan dan cuaca dingin . Karena biasanya disajikan dalam mangkuk porselen tradisional berwarna hitam dalam keadaan panas. Jadi berhati-hati memakan sundubu karena kalau tidak lidah akan terasa terbakar karena sup yang masih sangat panas.
Di negeri gingseng sendiri, sundubu menjadi sup favorite saat musim dingin dan cuaca bersalju. Karena sundubu mampu menghangatkan tubuh. Rasa pedas dan panas sundubu mampu mengusir dingin yang dirasakan tubuh. Selain itu, makanan ini rendah akan kalori. Karena dalam tiap mangkuknya hanya mengandung 204 kalori.

3. MUL KIMCHI 


Tidak semua orang non Korea bisa menikmati kimchi dengan nikmat, jika Anda termasuk salah satu orang yang tidak cocok dengan rasa kimchi maka Anda bisa mencoba makanan korea lainnya yang serupa yaitu mul kimchi. Bedanya biasanya mul kimchi disajikan dalam bentuk yang lebih berair seperti sup sehingga rasanya lebih lezat. Anda bisa memakannya dengan lauk pauk lain sebagai pelengkap layaknya memakan kimchi yang biasanya.
4.  HAEJANGGUK 

Haejang merupakan kata majemuk yang berasal dari karakter Tiongkok—Hanja yang berarti “mengobati mabuk”; Hae adalah karakter hanja untuk ‘mengobati’ dan Jang sendiri berarti ‘mabuk’.
Tradisi haejang ini sebenarnya beragam jenisnya, zaman sekarang sudah banyak sekali produk-produk makanan atau minuman yang diniscayai bisa mengurangi “hangover”, seperti es krim, minuman berenergi, dan lain-lain. Akan tetapi, dari semua cara tersebut, hanya satu yang paling populer, yaitu haejangguk (해장국).
Haejangguk berasal dari kata haejang (해장) dan guk(국) yang berarti “sup” dalam bahasa Korea, maka makna dari istilah haejangguk adalah sup untuk mengobati rasa mabuk.
 Istilah haejangguk kemudian merujuk pada sup-sup yang biasanya dibuat untuk mengobati rasa sakit akibat mabuk. Ada banyak sup  yang biasanya dimakan saat seseorang ingin mendapatkan kembali kesadarannya pasca mabuk, antara lain adalah Sundaeguk (sup dengan potongan daging babi), Kimchi Jjigae (Sup kental kimchi), dan Sundubujjigae (sup kenal tahu). Akan tetapi, jika tinggal sendiri dan tidak dapat memasak sup, kebayakan orang Korea akan menggantinya dengan ramyeon atau mie instand. Makanya, di dalam drama Korea pasti kalian sering lihat tokoh utama yang baru saja mabuk-mabukan pada malam harinya akan sarapan dengan me instan atau ramyeon.
5. SAMGYEOPSAL 

Samgyeopsal (삼겹살) adalah masakan Korea berupa panggang daging perut babi yang berlemak dan tebal. Arti harfiah dari samgyeopsal adalah  sam = tiga (삼)  gyeop = lapis (겹) sal = daging (살), karena daging bagian perut babi terlihat seperti berlapis tiga. Daging biasanya tidak dibumbui, dan dipanggang sendiri di atas pemanggang yang ada di meja rumah makan.
Setelah matang, daging dimakan setelah dicelup ke dalam saus pedas. Samgyeopsal dimakan bersama daun selada (sangchu; 상추) dan irisan bawang putih mentah, tapi sering juga disajikan bersama daun perilla (kkaennip; 깻잎), irisan cabai hijau, irisan daun bawang, irisan bawang bombay, dan kimchi lama (mugeunji; 묵은지). Bawang putih, bawang bombay, dan kimchidapat ikut dipanggang atau dimakan mentah bersama daging. Jamur seperti jamur kancing atau jamur tiram juga ikut dipanggang bersama daging. Samgyeopsal hampir selalu dihidangkan bersama dua jenis saus pencelup: ssamjang (쌈장) dan gireumjang (기름장). Ssamjang mengandung pasta cabai (gochujang; 고추장), pasta kacang kedelai (doenjang; 된장), minyak wijen (참기름). Gireumjang (기름장), dibuat dari garam dan minyak wijen, kadang-kadang mengandung sedikit merica hitam.
Biasanya saus ssamjang dipakai kalau samgyeopsal dimakan bersama sayur. Sebelum dimakan, potongan besar daging babi bagian perut dipotong-potong kecil memakai gunting. Cara paling umum makan samgyeopsal adalah meletakkan daging yang sudah masak di atas daun selada/daun perilla, ditambah sedikit nasi dan ssamjang, lalu digulung dan dimakan dengan tangan. Cara makan seperti ini disebut sangchu-ssam (상추쌈). Nasi dan makanan lain yang digulung dengan daun selada Korea juga disebut sangchu-ssam. Sesuai selera, sebagian orang yang menambahkan irisan bawang putih, kimchi, jamur, atau bawang bombay panggang ke dalam gulungan daun selada.
6. NAKJI BOKKEUM 

Hidangan khas Korea ini terbuat dari bahan dasar gurita. Gurita akan diolah dengan cara khusus serta menggunakan campuran bumbu yang sangat khas, sehingga rasanya pun akan begitu khas sekali. Bagi mereka yang sudah mencoba hidangan yang satu ini, mereka semua berpendapat bahwa cita rasanya begitu sedap dan lezat ketika disantap. Bahkan saking lezatnya membuat setiap orang yang menyantapnya merasa ketagihan.
7. SEOLLEONGTANG 

Seolleongtang merupakan masakan khas Korea yang dibuat dari sup atau kuah kaldu tulang sapi, dan direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga warna kuahnya akan menjadi putih. Masakan khas Korea ini selain memiliki rasa yang begitu enak juga merupakan sumber kalsium dan protein. dalam semangkuk seolleongtang memiliki kandungan, 25 gram protein, 28 gram karbohidrat, 12 gram lemak, 540 kcal energi, serta diperkaya dengan berbagai citamin lainnya Seolleongtang merupakan masakah legendaris Korea. Biasanya masakan ini menjadi menu makan malam para raja dan petani pada zaman dahulu setelah melakukan ritual memohon panen yang berlimpah. Pada saat ini seolleongtang bisa ditemukan direstoran khusus masakan Korea. Butuh waktu lama untuk membuat masakan yang satu ini. Apabila anda membelinya di restoran, maka masakan ini bisa direbus dalam waktu yang lebih lama lagi sehingga kandungan gizi yang dihasilkan akan lebih maksimal.
8. TANGSUYUK 

Tangsuyuk merupakan masakan enak yang disukai orang Korea, baik oleh anak kecil maupun orang dewasa. Sebenarnya masakan ini bukan masakan asli Korea. Masakan ini berasal dari Cina. Namun Tangsuyuk ini sangat disukai dan sering disantap oleh masyarakat Korea. Tangsuyuk bersama dengan Jjajangmyeon atau mi hitam dan Jjampong atau mi kuah pedas saat ini menjadi makanan populer masyarakat Korea yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Pada 20 tahun yang lalu makanan itu masih dianggap sebagai makanan mewah yang bisa disantap hanya pada hari istimewa saja, seperti hari ulang tahun, hari wisuda sekolah, dan waktu pindah rumah. Belakangan ini makanan Tangsuyuk sering dijual dengan bentuk paket, misalnya paket Tangsuyuk dengan Jjajangmyeon. Jika kita bertanya kepada anak-anak kecil Korea apakah makanan yang paling enak, mereka pasti menjawab Tangsuyuk dan Jjajangmyeon.
9. NAENGMYEON 

Bagi kamu pecinta makanan Korea tentu sudah tak asing dengan olahan mi satu ini. Jika diterjemahkan, Naeng memiliki arti dingin dan Myeon berarti mi. Sesuai namanya, hidangan ini disajiakan secara dingin yang terbuat dari mi berbahan dasar gandum yang disajikan dengan serutan es batu di bagian dasar mi.
Es batu tersebut merupakan kaldu daging yang telah dibekukan, sehingga saat es batu mencair, rasa gurih akan tercipta dari kuah kaldu tersebut. Potongan sayuran dan buah seperti kentang, lobak, mentimun dan pir Korea turut disajikan pada hidangan ini. Naengmyeon juga dilengkapi dengan topping irisan daging dan telur rebus setengah matang yang menjadi ciri khasnya.
Mungkin belum banyak yang tahu bahwa mi dingin satu ini berasal dari Korea Utara. Telah ada sejak Dinasti Joseon pada abad ke-19, Naengmyeon merupakan makanan asli dari dua wiilayah di Korea Utara, yaitu Pyeongyang dan Hamheung.
Mengingat Naengmyeon berasal dari dua wilayah tersebut, ada dua jenis Naengmyeon yang paling populer di Korea Utara, yakni Pyeongyang Naengmyeon dan Hamheung Naengmyeon. Perbedaan keduanya terletak pada cara penyajiannya.
Pyeongyang Naengmyeon disajikan dengan kuah dingin, sedangkan Hamheung Naengmyeon tidak berkuah, melainkan dicampur saus pedas manis.
Kendati berasal dari Korea Utara, namun hidangan ini telah populer hingga ke Korea Selatan, bahkan menjadi salah satu sajian yang paling diminati saat musim dingin tiba. Jika menilik dari sejarahnya, Naengmyeon memang menjadi santapan musim dingin oleh masyarakat Korea Utara.
Tak hanya di kedua negara tersebut, Naengmyeon juga terkenal hingga ke Negeri Sakura dengan nama reimen. Di Indonesia sendiri, Naengmyeon sudah cukup terkenal di kalangan penikmat hidangan Korea.

10. SAMGYETANG 

Samgyetang merupakan hidangan berupa sup ayam yang di dalamnya diisi nasi kemudian direbus dengan gingseng dan beragam rempah lainnya. Uniknya, daging ayam yang digunakan tidak dipotong-potong melainkan menggunakan ayam utuh.
Untuk daging ayamnya sendiri biasanya menggunakan ayam muda yang ukurannya tidak terlalu besar. Keunikan inilah yang membuat samgyetang menjadi makanan yang pas disajikan di rumah dan disantap bersama keluarga.


Source : 
https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-korea/
https://m.dreamers.id/lifestyle/article/20599/
https://koreanfirst.net/해장-haejang-makanan-adalah-obat-untuk-mengatasi-rasa-mabuk/
https://www.google.com/amp/s/dvinugspt.wordpress.com/2013/11/24/makanan-korea-yang-banyak-disukai-oleh-turis-asing/amp/
https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-nakji-bokkeum-yang-sedap-dan-lezat | Selerasa.com
https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-seolleongtang-khas-korea-yang-mudah-dan-praktis | Selerasa.com
http://korea-sarangheyo.blogspot.com/2013/09/tangsuyuk.html?m=1
https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/@kumparanfood/naengmyeon-mi-dingin-yang-dibawakan-kim-jong-un-untuk-moon-jae-in
https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/food/recipe/amp/ulfa-luthfia/resep-samgyetang-ayam-rebus-ala-korea-yang-sehat-untuk-lauk-sahur-c1c2-1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar