Senin, 19 Agustus 2019

ORIENTAL BUFFET

1. Thai Beef Salad 



Salad dari negeri gajah ini memang berbeda dari salad yang lainnya. Dengan paduan paduan pedasnya cabai, gurihnya kecap ikan, dan asamnya jeruk nipis bersatu padu dengan segarnya sayur dan daging panggang yang ditaburi dengan cincangan kacang tanah. Sayuran dalam salad ini jika rajin dikonsumi bermanfaat untuk menghaluskan kulit.

2. Chinese Spinach and Peanut Salad 



Chinese spinach dan peanut salad adalah kombinasi dari "cuka kacang tua" (老醋 花生, lao cu hua sheng) dan salad bayam gaya Cina. Kedua hidangan tersebut adalah bintang di restoran lokal Cina dan kadang-kadang orang-orang melayani mereka bersama-sama untuk menciptakan mouthfeel yang lebih baik.


Untuk memasak cuka kacang, kacang goreng digoreng dengan cepat sampai renyah dan kemudian dilumuri dengan saus cuka yang pedas.sementara cuka menambahkan rasa yang enak dan membuat hidangan lebih menggugah selera. Salad bayam berbagi ide yang sama, dan bayam pucat disajikan dengan saus cuka yang sama. Kedua hidangan disajikan sebagai makanan pembuka sederhana, atau disebut hidangan dingin (凉菜, liang cai), di Cina.

3. Tom Yam Goong 


Tom yam (bahasa Thai: ต้มยำ, IPA[tôm jām], juga kadang-kadang disebut tom yam atau dom yam) adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal. 

Tom Yam Goong mengandalkan udang sebagai bahan dan isi utamanya selain sayuran. Kuah Tom Yam Goong juga cenderung bening dengan rasa gurih yang lembut. Selain itu, jenis Tom Yam Goong ada pula yang berkuah santan.

4. Pho Bo 


adalah masakan mi sapi dari Vietnam. Makanan ini berasal dari Hanoi dan menyebar ke selatan hingga ke Kota Ho Chi Minh, dan ke seluruh dunia.
Mi untuk phở disebut bánh phở, dibuat dari tepung beras. Setelah mi dan tauge diletakkan di dalam mangkuk, di atasnya diletakkan irisan daging ayam atau irisan tipis daging sapi (mentah atau matang sesuai selera). Bila irisan daging sapi mentah yang digunakan, siraman kuah panas membuat irisan daging menjadi matang. Sebelum dihidangkan, di atas mi ditaburkan irisan daun bawang, daun ketumbar, atau bawang bombay sebagai penyedap.
Kuah dibuat dengan cara menggodok potongan besar daging sapi, tulang sapi, atau buntut sapi dengan perlahan hingga didapat kaldu yang kental, tetapi bening. Proses pembuatan kuah untuk phở bisa berlangsung berjam-jam hingga sehari semalam. Rempah-rempah untuk kaldu terdiri dari jahe, kayu manis, dan bunga lawang. Phở sering dihidangkan bersama cakwe, dan dinikmati dengan tambahan sambal botol, kecap ikan, cuka, atau perasan jeruk limau.

5. Gai Tod Takrai 


adalah hidangan yang bahan dasarnya terbuat dari ayam yang dicampur bersama dengan serai dan bumbu lainnya. Yang kemudian di goreng dan disajikan dengan nasi dan juga mentimun

6. Yam Makeua Yao 


Ini adalah salad Thailand terong bakar sederhana namun elegan. Ini adalah salah satu hidangan indah yang seharusnya ada di menu semua restoran Thailand. Udang kering bubuk digunakan dalam versi ini, tetapi udang bakar akan bekerja dengan baik dengan smokey dan terong sutra juga.

Salad Thailand umumnya disajikan sebagai bagian dari makanan Thailand dengan nasi putih yang banyak, agak berbeda dari gagasan barat tentang salad yang tida menggunakan nasi 

7. Khau Plau 

Khau Plau/Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai 'tim'. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.
Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat semacam itu. Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang 'pera' (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).
Nasi dimakan oleh sebagian besar penduduk Asia sebagai sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari. Nasi sebagai makanan pokok biasanya dihidangkan bersama lauk sebagai pelengkap rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Nasi dapat diolah lagi bersama bahan makanan lain menjadi masakan baru, seperti pada nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Nasi bisa dikatakan makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara.

8. Ingen No Gama Ae 


Ingen No Gama Ae adalah hidangan yang terbuat dari buncis atau kacang panjang yang telah di rebus kemudian dicampur dengan soyu dan juga wijen. Hidangan ini berasal dari daerah Jepang 

9. Teri No Teriyaki 


Teriyaki adalah salah satu makanan khas Jepang yang sangat populer hingga ke luar negeri. Teriyaki berarti makanan yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang. Kata Teriyaki berasal dari kata teri yang dalam bahasa Jepang artinya bersinar dan yaki yang artinya dipanggang atau dibakar. Bahan utama teriyaki biasanya adalah daging ayam, sapi, babi, serta berbagai jenis ikan. Sebelum dibakar atau dipanggang, daging diolesi dengan saus teriyaki yang terbuat dari kecap, sake atau mirin, dan tepung kentang. Biasanya untuk pengganti sake, kamu bisa menggantinya dengan gula merah atau madu.

10. Tang Yuan 


Ronde atau dalam bahasa aslinya, disebut dengan Tang yuan, adalah makanan utama saat perayaan Festival Lampion. Namun pada perkembangannya, tang yuan juga dinikmati saat perayaan Festival Musim Semi dan Tahun Baru Imlek untuk merayakan mekarnya bunga-bunga. Ituah mengapa seringkali orang membuat bola-bola tang yuan dengan warna-warni yang cerah.

Ini jugalah yang menjadi sejarah mengapa warna bola-bola ronde ada yang berwarna merah, kuning, hijau, putih dan lainnya.
Tang yuan dalam perayaan Tahun baru Imlek memiliki filosofi dan makna sebagai pengikat artau perkat ikatan kekeluargaan, kekerabatan atau hubungan sosial. Pelafalan dan bentuk tang yuan yang bulat dikaitkan dengan reuni dan kebersamaan dalam tradisi Tiongkok, seperti dilansir dari China Highlights.
Apalagi sifat tepung ketan yang menjadi bahan utama yan lengket dan liat saat ditarik, menunjukkan betapa eratnya ikatan yang bisa dibangun antar anggota keluarga atau kerabat seperti layaknya bola-bola tang yuan yang kenyal.
Dengan banyak makan ronde atau tang yuan yang hangat di perayaan Imlek, diharapan keluarga akan tetap bersatu, erat, harmonis, bahagia dan tidak terpisahkan.

Hampir setiap negara di wilayah Asia Tenggara punya kue yang mirip dengan kue lapis. Kalau di Kamboja, kue lapis disebut sebagai Num Chak Kachan. Kue ini salah satu jenis yang paling populer, terkenal karena lapisan warna yang cantik dan tekstur lembut.
Hampir sama dengan kue lapis lainnya, num chak kachan dibuat menggunakan tepung beras, gula merah, krim kelapa. Ketika digigit rasanya manis, lembut dan cocok sebagai teman minum teh.
12. Tang Zhong 

Roti salah satu makanan berkarbohidrat sebagai pengganti nasi. Metode pembuatan roti ini sangat beraneka ragam, mulai dari sponge & dough, straight dough dan no time dough. Dari ketiga jenis metode ini ada satu metode yang sering digunakan oleh masyarakat Cina yakni Tangzhong dough. 
Metode tangzhong berasal dari Jepang kemudian dikembangkan oleh masyarakat Cina dalam pembuatan mie dan kulit pangsit. Seiring perkembangan waktu metode ini tak hanya digunakan untuk pembuatan mie dan pangsit melainan untuk pembuatan roti. Hasilnya memang menakjubkan.
Roti yang terbuat dari metode ini hasilnya sungguh lembut dan halus. Meski usia roti mencapai tiga hari ia tetap terlihat cantik tanpa mengering pada bagian tubuh roti sedangkan permukaannya tak sedikitpun menggempes. Saat dipanaskan dalam microwave selama 10-15 detik roti masih terasa lembut dan halus


Source : 
https://www.sahabatnestle.co.id/content/resep/thai-beef-salad.html
http://yusriasafira.blogspot.com/2018/05/food-terminologi-rotasi-ii.html
https://medium.com/kulina/tom-yam-primadona-kuliner-thailand-d0854f651e7c
https://id.wikipedia.org/wiki/Tom_yam
http://realfoodthailand.blogspot.com/2013/07/yum-makeua-yao.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Nasi
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3874770/filosofi-ronde-tangyuan-sebagai-makanan-khas-imlek-perekat-ikatan-keluarga
https://food.detik.com/info-kuliner/d-4269326/kaya-akan-buah-kue-tradisional-dari-kamboja-punya-ciri-unik
https://www.monicsimplykitchen.com/2014/02/roti-tetap-empuk-lembut-beberapa-hari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar