Rabu, 29 Januari 2020

Equipment and Utensils #65

1. CHILLER 
Hasil gambar untuk chiller kulkas

Fungsi : Untuk menyimpan bahan makanan yang akan digunakan 
Material : Stainless steel 
Cara membersihkan : 
1. Bereskan dahulu stok makanan yang sisa sebelum memasukkan yang baru 
2. Bersihkan secara bertahap, mulai dari bagian luar terlebih dahulu,keluarkan semua isi di kulkas, lepaskan rak dan laci kulkas 
3. Bersihkan seluruh bagian kulkas 
Semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian dalam kulkas, kemudian lap perlahan sampai semua noda dan kotoran hilang. Begitu pula dengan laci dan rak yang telah dikeluarkan sebelumnya.
Cuci semua laci dan rak menggunakan sabun selayaknya Anda sedang mencuci piring, lalu bilas hingga bersih. Pastikan sudah tidak ada lagi kotoran dan sabun yang tersisa. Diamkan hingga rak dan laci kering, sebelum memasukkannya kembali ke dalam kulkas.
4. Tata kembali makanan dan minuman sesuai tempatnya 

2. BLENDER 

Hasil gambar untuk blender

Fungsi : Digunakan untuk menghaluskan bahan makanan 
Material : Stainless steel 
Cara membersihkan : 1. Masukkan Air Hangat dan Sabun Cuci Piring ke Dalam Wadah Blender
Untuk mencuci bagian dalam blender, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring atau baking soda. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan apa yang tersedia di rumah. Selanjutnya masukkan air hangat ke dalam gelas blender. Masukkan juga sabun cuci piring yang nantinya digunakan untuk mencuci wadah blender.
2. Cuci Blender dengan Menyalakannya
Jika air hangat hangat dan sabun cuci piring sudah dimasukkan, kini tiba saatnya untuk mencuci wadah blender. Anda cukup melakukannya dengan menyalakan blender dalam kecepatan maksimal. Nyalakan blender selama beberapa menit. Jika dirasa sudah cukup, matikan blender.
3. Bilas Wadah Blender
Cabut wadah blender dari mesinnya, buang air yang ada di dalam blender dan bilas dengan air bersih. Pastikan untuk membilasnya hingga bersih. Jika sudah bersih, keringkan blender terbaik Anda dengan kain bersih.
4. Bersihkan Mesin Blender Dengan Kain Basah
Pada bagian mesin blender sendiri, tentunya Anda tidak bisa mencucinya dengan air. Anda cukup membersihkannya dengan kain basah. Lap mesin tersebut hingga bersih. Setelah itu, keringkan dengan lap kering.
3. DEEP FAT FRYING 
Hasil gambar untuk deep fat frying
Fungsi : Digunakan untuk menggoreng makanan 
Material : Stainless steel \
Cara membersihkan : 
  • Cabut deep fryer dalam kondisi off dan biarkan minyak dingin. Ketika minyak telah didinginkan hingga kurang lebih 150 derajat Fahrenheit, tiriskan minyak keluar dari fryer. Lepaskan keranjang dan cuci terpisah.
  • Gosok sisi deep fryer untuk menghapus noda apapun yang menempel dari makanan atau minyak dengan menggunakan kawat pembersih yang berbahan stainless. Kemudian hapus dengan handuk atau kertas.
  • Isi dengan air ke tingkat minyak dan tambahkan cairan pencuci piring sedikit saja. Nyalakan deep fryer dan biarkan cairan sabun ikut mendidih bersama air yang di rebus pada deep fryer. Biarkan mendidih 5 sampai 15 menit. Matikan deep fryer, cabut dan biarkan larutan air dingin.
  • Tiriskan air dari deep fryer kemudian kosongkan. Bilas dengan larutan dengan perbandingan 1 bagian cuka dan 9 bagian air. Bilas waktu akhir dengan air yang jernih. Keringkan dengan kain bersih atau handuk kertas.
  • Bersihkan bagian luar deep fryer dengan menutupinya menggunakan pelarut degreasing atau pasta yang terbuat dari baking soda dan air. Diamkan 5 hingga 10 menit. Bilas dengan kain basah atau handuk kertas hingga benar-benar kering. Deep Fryer sudah bersih dan dapat digunakan kembali dengan tingkat kebersihan yang terjaga.

Source : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar