Jumat, 20 Maret 2020

Equipment and Utensils #73

1.FREEZER


Fungsi : Untuk menyimpan makanan dalam kondisi beku dengan suhu <5-10 derajat celcius
Material : Aluminium or steel sheet metal
Cara membersihkan :
Sebelum lanjut ke bagian bersih-bersih, Anda harus melakukan langkah berikut:
  1. 1.Lihat manual produk dan periksa apakah freezer Anda memiliki mode pencairan bunga es. Sebagian freezer – khususnya model kombinasi – steker tidak harus dicabut dari colokan listrik saat es dicairkan. Sementara model lain harus dikosongkan dan tidak teraliri listrik untuk mencairkan bunga es.
  2. 2.Buka pintu freezer, kosongkan makanan dalam kotak pendingin, dan lepaskan semua laci atau rak untuk dicuci secara terpisah.
  3. 3.Letakkan sebuah ember besar dan handuk pada bagian bawah freezer untuk menampung air dan es saat meleleh.
  4. 4.Kosongkan wadah penampung atau ember, dan peras handuk basah sesering mungkin.
  5. 5.Lepaskan es dari dinding kulkas dengan mencongkelnya lembut menggunakan peralatan plastik, dan berhati-hatilah agar tidak merusak freezer.
  6. 6.Menaruh secangkir air panas di bagian bawah freezer dan menutup pintunya akan mempercepat proses pelelehan. Hindari menggunakan peralatan listrik seperti pengering rambut dalam melakukan pekerjaan yang sama – karena Anda bisa tersetrum!
  7. 7.Makanan yang beku di dalam es seringkali menjadi sumber bau tak sedap dalam freezer, sehingga mencairkan bunga es seketika dapat menuntaskan masalah tersebut.
  8. 8.Setelah es mencair dalam freezer, pasanglah sarung tangan karet, pastikan pakaian Anda juga terlindungi, serta letakkan koran bekas atau handuk untuk menampung tumpahan air. Lalu lakukan hal berikut:
  9. 9.Gunakan kain bersih dan semprotan anti bakteri seperit Cif (baca instruksi pada label) atau larutan air panas dan cuka putih (1 takaran cuka untuk 5 takaran air), lalu seka bagian dalam freezer.
  10. 10. Gunakan air panas bersih untuk membersihkan sisa detergen dan keringkan permukaan bagian dalam freezer menggunakan lap piring atau tisu.
  11. 11.Cuci laci atau rak dengan cara yang sama dan pasang kembali ke dalam freezer.
  12. 12. Seka bagian luar freezer, khususnya pada bagian gagangnya.
  13. 13. Ganti makanan di dalam freezer dan hidupkan kembali mode beku. Jika daging atau bahan makanan yang mudah busuk telah melunak, jangan menyimpannya kembali ke dalam freezer. Ikuti instruksi pada kemasan makanan.
  14. 14. Jika Anda telah membersihkan keseluruhan freezer namun masih penasaran cara untuk menghilangkan bau tak sedap di dalamnya, maka coba letakkan secangkir baking soda atau bubuk kopi di dalam freezer, tutup pintunya, dan biarkan baunya hilang dalam semalam.
  15. 2. SINK 

  16. Fungsi : Tempat mencuci bahan makanan 
  17. Material : Baja stainless steel
  18. Cara membersihkan : 
  19. 1. Rendam sink dengan cairan pembersih
    Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk membersihkan sink adalah dengan menyiramnya dengan cairan pembersih. Agar hasilnya lebih maksimal, anda bisa menggunakan stainless cleaner yang dijual di pasaran. Tapi jika anda tidak punya stainless cleaner, anda juga bisa menggunakan sabun pencuci piring biasa.
    Jika anda lebih suka bahan-bahan alami, anda bisa coba membersihkan sink dengan baking soda, alkohol, minyak zaitun, atau cuka. Pilih salah satu yang paling cocok dengan anda. Setelah itu, rendam sink dengan salah satu bahan pembersih tersebut dan biarkan selama beberapa saat agar cairan pembersih meresap dan kotoran bisa lebih mudah diangkat.
  20. 2. Bersihkan sink dengan sikat
    Setelah direndam, sekarang anda bisa mulai menyikat seluruh permukaan sink. Tapi perlu diingat, sebaiknya anda menyikat sink dengan sikat yang lembut. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi bekas. Sikat sink secara menyeluruh dengan lembut agar permukaan sink tidak tergores. Jika masih ada sisa noda, penyikatan bisa dilakukan berulang kali sampai benar-benar bersih. Setelah itu, siram sink dengan air sampai bersih, lalu keringkan dengan lap kering atau lap microfiber.
  21. 3. Bersihkan sink dengan spons cuci setiap hari
    Meski sink sudah dibersihkan, saya sarankan anda tetap melakukan perawatan tambahan setiap hari. Caranya sangat mudah kok. Cukup bersihkan sink dengan cairan pembersih ringan. Agar lebih  mudah, anda bisa melakukannya dengan sabun dan spons pencuci piring setelah anda mencuci peralatan makan atau alat masak, jadi bisa dilakukan sekaligus bersamaan. Untuk pembersihan harian ini sink tidak perlu direndam dan bisa langsung dibilas dengan air. Lalu keringkan dengan lap kering atau lap microfiber.
  1. 3. PARING KNIFE
  2. Fungsi : Berukuran kecil dengan mata pisau lancip dan mempunyai panjang kira kira 7-9 cm. pisau ini digunakan untuk semua pekerjaan ringan di dapur 
  3. Material : Stainless steel 
  4.   cara membersihkan : Cuci bersih dengan air sabun dan bilas dengan air bersih 
  5. Source : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar