Jumat, 20 Maret 2020

Equipment and Utensils #72

1.DEEP FRYER 


Hasil gambar untuk deep fryer

Fungsi : Untuk menggoreng makanan dengan minyak banyak seperti menggoreng kerupuk,french fries,dll 
Material : Stainless steel
Cara membersihkan : 
  • Cabut deep fryer dalam kondisi off dan biarkan minyak dingin. Ketika minyak telah didinginkan hingga kurang lebih 150 derajat Fahrenheit, tiriskan minyak keluar dari fryer. Lepaskan keranjang dan cuci terpisah.
  • Gosok sisi deep fryer untuk menghapus noda apapun yang menempel dari makanan atau minyak dengan menggunakan kawat pembersih yang berbahan stainless. Kemudian hapus dengan handuk atau kertas.
  • Isi dengan air ke tingkat minyak dan tambahkan cairan pencuci piring sedikit saja. Nyalakan deep fryer dan biarkan cairan sabun ikut mendidih bersama air yang di rebus pada deep fryer. Biarkan mendidih 5 sampai 15 menit. Matikan deep fryer, cabut dan biarkan larutan air dingin.
  • Tiriskan air dari deep fryer kemudian kosongkan. Bilas dengan larutan dengan perbandingan 1 bagian cuka dan 9 bagian air. Bilas waktu akhir dengan air yang jernih. Keringkan dengan kain bersih atau handuk kertas.
  • Bersihkan bagian luar deep fryer dengan menutupinya menggunakan pelarut degreasing atau pasta yang terbuat dari baking soda dan air. Diamkan 5 hingga 10 menit. Bilas dengan kain basah atau handuk kertas hingga benar-benar kering. Deep Fryer sudah bersih dan dapat digunakan kembali dengan tingkat kebersihan yang terjaga.
2. BAKERY OVEN 

Hasil gambar untuk bakery oven

Fungsi : Untuk memanggang roti atau pie 
Material : Stainless steel
Cara membersihkan : 

1. GUNAKAN AIR

Pertama sekali, letakkan mangkuk tahan panas yang berisi air ke dalam oven. Pasangkan oven pada suhu tinggi untuk selama 20 minit. Proses ini dapat membantu menanggalkan gris dan kerak pada permukaan oven.
Apabila ia menyejuk / suam, lapkan permukaan dalaman dengan tisu dapur / kain pengelap yang bersih. Lakukan langkah ini setiap kali anda selesai menggunakan oven supaya ia mudah untuk dibersihkan.

2. CUKA

Campurkan 1 liter air bersama 8 sudu cuka. Celup kain dalam air cuka dan lapkan oven. Biarkan selama 15 minit dan bilaskan dengan air bersih. Kesan kehitaman akan segera menghilang.
Cara bersihkan oven sebegini paling sesuai jika anda mencuci oven dalam masa terdekat selepas ia digunakan. Cuka bukan saja bertindak menghilangkan kotoran, tetapi sifat keasidannya turut menjadi pelindung anti-kulat.

3. SODA BIKARBONAT

Boleh juga menggunakan soda bikarbonat bersama dengan sedikit cuka. Campurkan kedua-dua bahan ini dan biarkan ia menjadi pes. sapukan pes ini pada permukaan oven yang terdapat kesan degil.
Biarkan pes ini selama 1 jam hingga 12 jam. Lagi lama lagi berkesan, bergantung kepada tahap kotoran yang terdapat pada oven. Kemudian, lapkan semula dan bilas.

4. LEMON / LIMAU NIPIS

Kalau tak ada cuka, gunakan perahan lemon atau limau nipis untuk menggantikan cara ke-3 di atas. Sifat keasidan lemon bukan saja bertindak sebagai pencuci semulajadi, tetapi turut memberi bauan segar pada oven. Campurkan bersama soda bikarbonat / baking powder dan sapukan pes ini pada permukaan oven.
Selepas dibiarkan 1 jam atau lebih, gunakan kulit lemon atau limau nipis tadi untuk menggosok kesan kehitaman atau kerak dalam oven. Kotoran degil akan tanggal dengan berkesan.

5. SPRAY CUKA

Jika masih tertinggal sedikit kesan kotoran, masukkan cuka (bersama sedikit titisan lemon jika ada) ke dalam botol spray dan semburkan pada permukaan tersebut.
Biarkan seketika dan lap. Ulangi langkah ini beberapa kali.
3. GRILLER
Fungsi : Untuk membakar bahan makanan seperti steak,unggas,daging 
Materia : Stainless steel 
Cara membersihkan : 

1. Grill panAlat pemanggang ini lebih praktis dan ringkas. Permukaannya biasanya antilengket dan bisa digunakan di atas kompor. Campurkan garam dan air dan tuang ke dalam pan grill hingga kotoran terendam. Panaskan sebentar dengan api kecil.
Matikan api, lalu gosok-gosok permukaan dengan busa hingga kotoran bersh lalu bilas. Cuci dengan spons dan air sabun hangat dan bilas hingga bersih dan keringkan

2. Stainless steelPanggangan yang terbuat dari stainless steel dilapisi dengan bahan bernama chromium oxide. Kotoran dan minyak bisa menyebabkan korosi jika tak dibersihkan. Rendam panggangan dengan air panas, biarkan beberapa saat hingga kotoran mengelupas.

Cuci dengan campuran sabun dan air hangat. Bilas dengan air bersih dan tiriskan.

3. BesiPanggangan yang terbuat dari besi banyak disukai karena bisa menghantarkan panas dengan cepat dan tahan lama. Bahan ini juga memerlukan teknik pembersihan khusus.

Rendam grill dengan air panas yang diberi sedikit cuka masak hingga kotoran mengelupas. Sikat dengan sikat besi hingga seluruh kotoran terangkat. Gosok dengan busa dan air sabun hangat hingga bersih, bilas hingga bersih. Keringkan permukaan grill dengan kain kering dan pastikan bahwa grill benar-benar kering.

4. AntilengketMemakai produk ini memiliki kelebihan khusus, yaitu tidak akan sulit membersihkan kotoran lengket. Sebelum membersihkan, bersihkan semua sisa makanan dari permukaan grill.

Pisahkan semua bagian-bagian grill dan celupkan spons ke dalam air sabun. Gosok bagian grill dengan spons halus yang sampai bersih, dan cuci dengan air hingga bersih dan keringkan.

Source : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar