Minggu, 03 Maret 2019

BROCCOLI


Gambar terkait
adalah tanaman hijau yang dapat dimakan dalam keluarga kubis yang kepalanya berbunga besar dimakan sebagai sayuran.
Kata brokoli berasal dari jamak Italia brokolo , yang berarti "lambang berbunga kubis ", dan merupakan bentuk kecil dari brokco , yang berarti "paku kecil" atau "kecambah". Brokoli sering direbus atau dikukus tetapi dapat dimakan mentah.]
Brokoli diklasifikasikan dalam kelompok kultivar Italica dari spesies Brassica oleracea . Brokoli memiliki kepala bunga besar, biasanya berwarna hijau, tersusun dalam struktur mirip pohon yang bercabang dari batang yang tebal dan dapat dimakan. Massa kepala bunga dikelilingi oleh daun. Brokoli menyerupai kembang kol , yang merupakan kelompok kultivar berbeda dari spesies yang sama.
Brokoli dihasilkan dari pemuliaan tanaman Brassica yang dibudidayakan di Mediterania utara mulai sekitar abad ke-6 SM. Sejak zaman Kekaisaran Romawi , brokoli telah biasa dikonsumsi di kalangan orang Italia. Dikombinasikan pada tahun 2016, Cina dan India menghasilkan 73% dari tanaman brokoli dan kembang kol di dunia. 

Nutrisi dalam Broccoli 
Vitamin AVitamin yang dikenal baik bagi mata ini juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A juga meningkatkan sistem imun yang menjauhkan diri dari segala penyakit. Brokoli sendiri merupakan salah satu sumber vitamin A yang tinggi.
Vitamin CSalah satu fungsi dari vitamin C adalah mensintesis kolagen yang menjaga kelembapan dan keremajaan kulit. Selain itu, vitamin C berperan dalam mengontrol kadar kolesterol dan menguatkan sistem imun.
Vitamin KAgar darah menggumpal secara normal, tubuh perlu vitamin K. Bukan cuma itu, vitamin K juga ikut melindungi tulang dan menjaga kesehatan hati. Vitamin K bisa ditemukan dalam brokoli.
SeratSumber serat yang baik adalah brokoli. Selain mampu melancarkan pencernaan, serat juga diperlukan bagi tubuh demi menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.
KalsiumSiapa bilang cuma susu saja yang mengandung kalsium? Brokoli juga kaya akan kalsium yang menjaga kesehatan tulang. Dua cangkir brokoli setara dengan 124 miligram kalsium yang dibutuhkan tubuh.
KaliumKesehatan saraf, kontraksi, dan cairan dalam sel bisa dijaga jika tubuh tetap menerima asupan kalium secara ideal. Salah satu sumber kalium yang baik itu adalah brokoli.
MagnesiumMineral yang satu ini memiliki banyak peran penting dalam tubuh. Misalnya meregulasi suhu tubuh, membersihkan racun, memberikan energi, serta menguatkan tulang dan gigi. Semua fungsi sehat tersebut bisa didapat dengan makan brokoli.
Fungsi dari Broccoli 
1. Untuk mencegah kanker seperti kanker perut dan usus,Selain itu, broccoli mengandung khasiat membersihkan dan menghabiskan estrogen atau penyebab kanker dalam tubuh. Jadi broccoli juga sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan kanker rahim.  
2. Mengurangi kolesterol  broccoli yang tinggi serat membantu mengeluarkan kolesterol dengan mengikat asam empedu di saluran pencernaan,sehingga kolesterol mudah diekskresikan dan keluar dari tubuh kita dengan mudah, bahkan varietas broccoli tertentu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah hingga 6%. 
3. Kesehatan Jantung  broccoli dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menjaga pembuluh darah agar tetap kuat.Broccoli juga mengandung sulforaphane yang merupakan anti-inflamasi yang dapat mencegah atau membalikan kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang juga disebabkan oleh peradangan karena kronis.
4. Anti Inflamasi  Brokoli adalah anti-inflamasi yang dapat memperlambat kerusakan sendi termasuk osteoarthritis. Sulforaphane dalam brokoli juga dapat membantu penderita radang pada sendi, karena bahan kimia ini dapat menghambat enzim yang menyebabkan kerusakan sendi dengan menghentikan molekul kunci penyebab peradangan. Selain itu, brokoli mengandung iskhiosianat dan asam lemak omega-3 yang membantu mengatur peradangan.
5. Kesehatan tulang Brokoli sangat cocok untuk anak-anak, lanjut usia dan ibu menyusui. Mengapa demikian? Karena, brokoli mengandung kadar kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Brokoli juga kaya akan nutrisi lain, seperti magnesium, seng dan fosfor.
6. Kesehatan Mata, brokoli pun mengandung lutein yang tinggi. Lutein adalah zat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata. Kadar lutein dalam brokoli hampir sama dengan kadar lutein dalam wortel, sehingga kita bisa mengganti wortel dengan brokoli untuk membantu melindungi dari degenerasi makula (kondisi yang mengaburkan penglihatan sentral) dan katarak. Brokoli juga mengandung beta-karoten, vitamin A, fosfor, B kompleks, vitamin C dan E. Semua nutrisi ini sangat bagus untuk perbaikan kerusakan karena radiasi berbahaya karena penggunaan ponsel atau terlalu sering berada di depan layar.
7. Antioksidan Kuat Brokoli memiliki kadar antioksidan yang kuat, seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten dan antioksidan lainnya. Sayuran hijau ini pun sangat terkonsentrasi dengan vitamin C, sehingga sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung flavonoid yang membantu mendaur ulang vitamin C secara efisien.
8. Perawatan Kulit Kadar vitamin C, mineral tembaga, seng, vitamin K, asam amino dan folat pada brokoli sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan juga sangat ideal untuk menjaga kekebalan tubuh. Ini juga berarti, bahwa brokoli melindungi kulit dari infeksi dan akan menjaga cahaya alami dari kulit anda.
9. Anti Penuaan Seperti yang kita tahu, brokoli sangat tinggi akan vitamin C dan memiliki banyak antioksidan. Hal ini, membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan yang sering merusak kulit. Dianjurkan untuk mengkonsumsi brokoli secara teratur, untuk membantu mengurangi garis-garis halus, keriput, masalah kulit seperti jerawat dan juga pigmentasi.
10. Kesehatan Pencernaan Brokoli yang tinggi serat, tentu saja akan membantu menjaga lapisan perut agar tetap sehat. Sulforaphane dalam brokoli membantu menjaga bakteri agar tidak ditumbuhi atau menempel terlalu kuat ke dinding perut.
Karakteristik atau Ciri-ciri Broccoli  : (1) bertangkai kuat dengan tunas-tunas kecil (2) sebagain besar dikelilingi dedaunan (3) memiliki cabang pohon dengan batang tebal (4) memiliki bunga yang berwarna putih seperti kembang kol.
Sejarah Broccoli 
Brokoli pertama kali tumbuh di Eropa selatan. sekarang, brokoli merupakan sayuran yang penting di benua Amerika. masuknya brokoli ke Indonesia diduga pada abad XIX, varietas ini muncul di Indonesia berasal dari India. seriring dengan perkembangan dunia pertanian brokoli kini menjadi tanaman yang dikenal dan banyak digemari oleh masyarakat luas.


Source : 
https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Broccoli&prev=search
https://www.merdeka.com/sehat/7-nutrisi-penting-dalam-brokoli.html
http://www.tribunnews.com/tribunners/2017/10/24/10-manfaat-brokoli-yang-jarang-diketahui
https://brainly.co.id/tugas/1296473
http://marikitareview.blogspot.com/2014/01/asal-usul-brokoli-si-dokter-hijau-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar