Minggu, 26 Mei 2019

MAKANAN KHAS SURABAYA PART 2

Makanan Khas Surabaya – Surabaya, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan nama kota yang satu ini bukan? Kota yang menjadi ibu kota dari Provinsi Jawa Timur ini merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia selain Jakarta dan Palembang.
Kota yang memiliki sebutan sebagai kota Pahlawan ini memang menjadi salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi.
Tidak hanya memiliki panorama alamnya yang indah, Surabaya juga kaya akan berbagai makanan khas yang menggoda selera.
Makanan khas Surabaya memiliki sejuta rasa yang berbeda dan cukup unik, sehingga akan memberikan sensasi pengalaman kuliner yang istimewa bagi Anda yang mencobanya. Penasaran apa saja makanan khas Surabaya yang enak dan unik? Simak ulasannya berikut ini!

1. PECEL SEMANGGI 


Semanggi atau Pecel Semanggi adalah sejenis makanan khas SurabayaJawa Timur, dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan kemudian dinikmati dengan sambal pedas yang nikmat. Semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambahkangkungkerupuk uli yang terbuat dari beras, serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Saus atau bumbu yang digunakan dalam makanan semanggi memiliki bahan baku serta rasa yang berbeda.
Penjual semanggi di Surabaya menggunakan sambal yang dibuat dari gula jawa (lebih banyak), terasi, dan cabai.
Penjual semanggi Surabaya mudah dikenali karena menggunakan jarit dan selendang untuk memanggul semanggi. Sayuran yang digunakan ada dua macam, yaitu daun semanggi dan kecambah yang direbus. Bumbunya yang khas terbuat dari perpaduan ketela rambat, kacang tanah, dan gula merah serta dilengkapi kerupuk puli.Karena bahan utamanya ketela rambat, rasa sambal pecel ini pun didominasi manis ketela.
Untuk memasak semanggi, setelah dibersihkan dari kotoran, semanggi direndam air panas beberapa saat supaya tidak hancur. Saat menyajikan, pertama-tama sayuran ditempatkan dalam pincuk daun pisang, kemudian disiram bumbu yang sudah dicairkan dengan air.

2. NASI CAMPUR TAMBAK BRAYAN SURABAYA


Makanan khas Surabaya yang juga dikenal memiliki cita rasa yang enak dan lezat adalah nasi campur tambak brayan Surabaya.
Nasi ini biasanya disajikan pada pagi hari sebagai sarapan. Harganya juga ramah di kantong. Yakni hanya dijual dengan harga dibawah 10 ribu rupiah.
Nasi campur tambak brayan Surabaya ini merupakan nasi yang terdiri dari berbagai campuran lauk pauk. Seperti mie putih, telur, daging empal dan juga bawang goreng. 
3. NASI CUMI KHAS SURABAYA 

Selain dikenal sebagai kota industri, Surabaya juga terkenal akan hasil lautnya. Wilayah jawa timur yang cukup banyak dikelilingi oleh laut ini menghasilkan hasil laut yang luar biasa.
Sehingga tidak mengherankan jika ada pula salah satu olahan yang berbahan dasar hasil tangkapan laut. Apalagi jika bukan nasi cumi khas Surabaya.
Nasi Cumi ini merupakan nasi dengan campuran serundeng kelapa, mie kuning, sambal pecit dan pastinya laut cumi tinta.rasa gurih nan lezat dari cumi berpadu dengan gurihnya taburan serundeng kelapa menjadikan nasi cumi khas Surabaya ini menjadi salah satu sajian istimewa nusantara.
4. NASI GORENG JANCUK 

Setiap daerah di Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan dengan makanan khas Indonesia yang menjadi salah satu makanan paling disukai di Asian Games kemarin. Apalagi jika bukan nasi goreng. Nah di Surabaya sendiri terdapat sebuah nasi goreng yang disebut dengan nasi goreng jancuk.
Jancuk merupakan salah satu kata umpatan yang biasa digunakan di daerah Surabaya. Dinamakan nasi goreng jancuk karena memiliki sensasi pedas yang luar biasa. Bagi Anda pecinta kuliner dengan rasa pedas, tidak ada salahnya mencoba makanan khas Surabaya yang satu ini. Dijamin anda pasti akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.
5. LONTONG KUPANG 

Lontong kupang atau yang juga disebut juga dengan lontong balap. Lontong kupang ini dimasak dengan cara direbus bersama perasan jeruk nipis dan petis.
Makanan ini memiliki cita rasa yang cukup unik. Pada umumnya, lontong kupang ini akan disajikan dengan ditemani es kelapa muda dan sate kerang.
Salah satu kedai lontong kupang yang cukup terkenal berada di Jalan Darmo Indah no 8 Surabaya milik Mbok Siti.
6. MIE AKHIRAT 

Mendengar nama dari makanan khas Surabaya yang satu ini terlihat cukup seram dan cukup membuat penasaran. Bagaimana tidak?
Olahan berbahan dasar mie ini diberi nama dengan nama mie akhirat. 
Ternyata usut punya usut mie akhirat yang satu ini memiliki warna mie putih dan hitam. Kedua warna tersebut memiliki filosofi sebagai gambaran surga dan neraka, baik dan buruk.
Yang kemudian terbesit ide untuk memberikan nama mie ini dengan nama mie akhirat. Ide dalam pembuatan mie ini ternyata cukup sukses.
Terbukti banyak pelanggan yang merasa penasaran dan kemudian tertantang untuk bisa mencobanya. Bahkan ada pula diskon istimewa bagi Anda yang sudah jomblo lama. Serta banyak keunikan lainnya.
7. TAHU CAMPUR KHAS SURABAYA 

Mungkin bisa ditemukan di berbagai daerah lainnya di Indonesia. Tahu Campur merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang sudah terkenal hingga berbagai daerah. 
Tahu campur merupakan tahu dicampur dengan perkedel, daging sapi, tauge, selada dan juga singkong. Kuliner ini sangat enak dan akan sangat disayangkan jika Anda lewatkan begitu saja. Harganya juga sangat ramah di kantong jadi Anda tidak perlu khawatir kantong bolong setelahnya.
Jika Anda penasaran dan tertarik untuk mencobanya, salah satu warung makan yang menjajakan tahu campur sebagai sajian istimewanya adalah tahu campur yang berada di Jalan Kalasan No. 22 Tambak Sari. Disana bisa Anda temukan warung makan dengan tahu campur yang lezat.
8. ALMOND CRISPY 

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah Almond Crispy. Almond crispy merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dengan campuran telur, susu bubuk, keju dan juga gula serta toping almond di atasnya. Teksturnya yang renyah dan tipis menjadikan almond Crispy ini menjadi camilan yang di idolakan di masyarakat.
Dan senangnya, almond crispy ini cukup tahan lama untuk bisa dibawa pulang atau sebagai oleh-oleh khas dari Surabaya. 
Setidaknya terdapat 3 varian rasa yang bisa Anda nikmati, yaitu cokelat, greentea dan juga oroginal.m bagi Anda yang ingin mencobanya, outlet almond crispy ini bisa ditemukan di jalan raya jemursari nomor 164 Surabaya.
9. ES KRIM ZANGRANDI 

Bagi anda pecinta makanan manis, ada pula makanan khas Surabaya yang sudah melegenda dan banyak dicari. Ya, es krim Zangrandi. Kedai es krim ini sudah dibuka sejak tahun 1933. Sudah cukup legend bukan? Es krim dengan gaya khas Eropa ini menjadi salah satu primadona es krim yang paling dicari di Surabaya.
Rasnaya yang enak dan nikmat menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tampilannya juga sangat instagramable. sehingga cocok untuk konten Anda di Instagram.
 Tidak hanya itu, es krim ini juga memiliki banyak varian rasa. Baik susu maupun buah. Soal harga Anda tidak usah khawatir, tentunya harganya sangat terjangkau.
Nikmati manisnya rasa es krim Zangrandi bersama seluruh anggota keluarga agar hidup lebih manis.
10. SPESIAL BELUT SURABAYA 

Tahukah Anda yang spesial tidak hanya telur dadar? Ternyata ada pula sajian menu yang spesial yang berasal dari belut. Hewan yang cukup licin dan susah untuk ditangkap ini ternyata memiliki rasa yang istimewa lho.  Belum lagi kandungan proteinnya yang tinggi yang sangat baik untuk dikonsumsi baik anak-anak maupun orang dewasa.
Makanan khas Surabaya yang satu ini memiliki harga yang murah.sehingga sangat mudah ditemukan di sudut-sudut kota di Surabaya.
Rasanya yang enak dan nikmat membuat pecintanya selalu ketagihan dan ingin lagi dan lagi. Salah satu warung yang cukup terkenal dengan menu spesial belut Surabaya ini berada di jalan Banyu Urip nomor 139 Surabaya.

Source : 
https://moondoggiesmusic.com/makanan-khas-surabaya/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Semanggi_(makanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar