Minggu, 11 Agustus 2019

CELEBES BUFFET

1. Jalangkote 

Jalangkote adalah jajanan khas dari sulawesi selatan. Jajanan ini sangat nikmat dimakan dengan sambel dan dimakan saat masih hangat. Dari bentuk memang hampir mirip dengan pastel yang dibuat dengan cara digoreng, yang isinya yang terdiri dari bahan-bahan seperti wortel, kentang, daging, telur, tauge serta soun. Namun perbedaannya terdapat pada kulit, dimana kulit pada jalangkote akan lebih tipis dari kulit pastel. Jalangkote akan lebih nikmat jika disajikan bersama sambel cair sebagai bahan pelengkapnya, sedangkan pastel di makan menggunakan cabai rawit. Jalangkote juga nikmat dimakan ketika masih hangat.


Berbicara soal rasa, tentunya jalangkote memiliki kenikmatan berbeda dari pastel, karena saat gigitan pertama, Anda akan merasakan kenikmatan garingnya kulit jalangkote serta gurihnya wortel, kentang, tauge, telur yang dikombinasi dengan bumbu rahasia.

Kuliner jalangkote sendiri merupakan salah satu menu favorit warga Makassar untuk sajian berbuka puasa yang ditemani dengan segelas teh hangat, maka tak heran banyak sekali penjual jalangkote dadakan dikala bulan Ramadan tiba.

2. Peco Doang 


Peco doang adalah makanan khas Sulawesi dengan bahan utama udang yang ditumbuk (bisa juga diblender) bersama dengan cabai dan kemiri yang kemudian di seasoning dengan garam dan kemudian diberi perasan jeruk dan tambahan daun kemangi. Sajian seperti ini sangan nikmat dan segar sehingga hidangan ini sangat cocok menjadi appetizer. 

3. Sop Saudara 

resepkoki.id 

Sop Saudara merupakan masakan khas berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang disajikan bersama bihun, perkedel kentang, jeroan sapi, dan telur rebus. Warga lokal biasa menyantap Sop Saudara dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar. 

4. Sayur Labu Santan

tupperware.co.id

Menurut catatan sejarahnya sendiri, sayur labu santan belum diketahui dari mana asalnya. Namun, kuliner satu ini dipercaya sudah ada sejak jaman dahulu dan populer di Sunda, Betawi, dan Jawa. Tumisan bumbu rempah yang khas, membuat sayur labu santan ini sangat cocok dijadikan lauk sarapan. Untuk menemukan sayur labu siam di pasaran memang cukup sulit. Mengingat kuliner satu ini termasuk ke dalam lauk rumahan, di mana hanya para ibu-ibu saja yang mau membuatnya. Meskipun sulit kita temui, Anda masih bisa membuat sayur siam sendiri di rumah. Cara membuat sayur labu siam sebenarnya sangatlah mudah sekali. Selain mudah, bahan-bahan yang diperlukan pun juga banyak tersedia di pasaran. Biasanya sayur satu ini disajikan bersama lontong, namun jika ingin membuatnya sendiri Anda dapat menyajikannya bersama nasi putih hangat saja agar lebih praktis. Sayur labu siam juga biasanya banyak disajikan pada saat lebaran, baik itu Idul Fitri ataupun Idul Adha. Pada saat Idul Fitri, sayur ini biasanya disajikan bersama dengan makanan khas lainnya seperti ketupat, rendang, dan opor ayam.
5. Nasi Putih 
solo.tribunnews.com

Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serelia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai 'tim'. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.
Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat semacam itu. Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang 'pera' (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).
Nasi dimakan oleh sebagian besar penduduk Asia sebagai sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari. Nasi sebagai makanan pokok biasanya dihidangkan bersama lauk sebagai pelengkap rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Nasi dapat diolah lagi bersama bahan makanan lain menjadi masakan baru, seperti pada nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Nasi bisa dikatakan makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara.
6. Pallu Cella 
goodnewsfromindonesia.id

Pallu Cella adalah salah satu kuliner khas kampung Bugis-Makassar. Sesuai arti katanya (“Pallu”=Masak, dan “Cella”=Garam), Pallu Cella merupakan masakan ikan bercita rasa asin dengan aroma khas kunyit. Ikan Pallu Cella bisanya terbuat dari ikan Cakalang, Layang, Bolu, Sibula’/Tembang. kebanyakan warga makassar suka mengkonsumsi ikan tersebut, ada yang langsung beli jadi (sudah dimasak) adapula yang membuat dirumah. ikan ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional.
Pallu Cella biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana saja serta mudah atau gampang didapatkan, antara lain garam serta kunyit saja. Dalam pembuatan ikan pallu cella, kita harus memasak ikan tersebut dicampur dengan bahan-bahan tadi hingga airnya betul-betul meresap, sehingga rasa garam sarta aroma kunyit merata kedalam tubuh ikan.
7. Lawar Pakis 
sunaribalitour.com

Tumbuhan yang hidup di sela batuan yang lembap ini rasanya renyah enak. Berbagai daerah Indonesia punya beragam olahan pakis atau paku ini. 
Dalam tradisi kuliner Nusantara, pakis atau paku cukup menonjol pemanfaatannya di beberapa daerah. Masyarakat Minangkabau, misalnya, mengenal gulai paku yang gurih untuk menyantap ketupat di pagi hari. 
Katupek gulai paku dari Sicincin - sebuah desa di antara Padang-Bukittinggi - terkenal kelezatannya hingga ke mana-mana. Di Bali, pakis banyak dipakai sebagai sayur lawar, ikon kuliner Pulau Dewata. 
Di Pulau Jawa, pakis tidak banyak dimanfaatkan dalam olahan sehari-hari. Di Pasar Bogor, pakis sering tampak diperjual-belikan, tetapi hampir tidak pernah tampak sebagai item masakan Sunda. Rupanya, pembelinya justru adalah orang-orang Minang yang akan memasaknya untuk sayur gulai ketupat. 

8. Konro Bakar 
m.detik.com

Makanan ini adalah masuk sebagai kuliner tradisional khas Makassar. Konro bakar banyak ditemui di Kecamatan Ujung Pandang atau di kawasan Lapangan Karebosi Makassar.
Agar dikenang dam dipahami, Dinas Pariwisata Makassar pun mematenkan cerita awal mula dari konro bakar.
Kabid Destinasi Pariwisata Makassar Andi Karunrung mengatakan konro bakar merupakan variasi kering dari sop konro yang muncul pada tahun 2000-an.
Konro bakar terinspirasi dari masakan modern seperti steak. Walaupun proses memasaknya ala barat tetapi bumbu yang digunakan tetap tradisional Makassar.
Konro bakar disajikan dengan bumbu kacang khas Makassar dengan taburan bawang goreng diatasnya dan kuah sop konro serta nasi putih.
9. Kerupuk 
m.fimela.com

Kerupuk merupakan makanan ringan yang bertekstur garing dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng,gado-gado dan makanan lain. Jenis kerupuk yang paling umum dijumpai di Indonesia adalah kerupuk udang dan kerupuk ikan. Harga Kerupuk relatif murah seperti kerupuk aci atau kerupuk melarat hanya dibuat dari adonan sagu dicampur garam, bahan pewarna makanan, dan vetsin. Kerupuk biasanya dijual di dalam kemasan yang belum digoreng. Kerupuk kulit dan Kerupuk ikan dari jenis yang sulit mengembang ketika digoreng biasanya dijual dalam bentuk sudah digoreng karena krupuk perlu digoreng sebanyak dua kali. Kerupuk perlu digoreng lebih dulu dengan minyak goreng bersuhu rendah sebelum dipindahkan ke dalam wajan berisi minyak goreng panas.
10. Acar 

brilio.net 

Acar adalah sajian berbahan dasar sayur yang difermentasikan. Biasanya sayuran yang digunakan untuk membuat acar adalah timun, wortel, cabai rawit, dan bawang merah. Acar ini memiliki rasa yang sedikit asam karena menggunakan cuka pada saat proses mengolahnya. Namun tingkat keasaman yang diberikan oleh acar tergantung pada selera setiap orang yang berbeda. Karena ada acar yang lebih menonjolkan rasa manis daripada asamnya. Selain itu, acar ada juga yang menggunakan bumbu dapur seperti kunyit sebagai campurannya. Acar tersebut adalah acar kuning yang diharuskan melalui proses memasak agar bumbunya meresap pada sayur yang telah dipotong-potong dan dapat disantap dengan nasi hangat. Tetapi untuk acar mentah lebih sering dijadikan sebagai pelengkap pada makanan Anda. Acar yang sering ditemukan adalah acar yang digunakan sebagai pelengkap nasi goreng atapun martabak telur.
11. Sambal 
id.m.wikipedia.org 

Sambal adalah istilah besar yang dalam kuliner Indonesia merujuk pada saus pedas. Secara garis besar, sambal berbahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.
Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia Sambal juga ditemukan dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.
12. Pisang Ijo 
sashylittlekitchen.com

Pisang ijo atau es pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan
Es Pisang Ijo diolah dari buah pisang ambon, raja atau kepok yang sudah matang. Pisang dibalut dengan adonan tepung beras bercampur santan dan air daun pandan yang memberi warna hijau dan aroma pandan. Diberi tambahan tepung terigu rebus yang kenyal atau bubur sum-sum, disiram dengan sirop warna merah khas Makassar, dan lelehan susu kental.
Setumpuk es serut atau bongkahan-bongkahan kecil es akan melengkapi penyajiannya. Minuman yang mengenyangkan ini disajikan diatas mangkuk atau piring yang agak ceper. Biasanya ditemani dengan makanan ringan seperti jalangkote (mirip pastel) dan lumpia. Sajiannya memang sederhana, tetapi terasa nikmat sebagai pelepas dahaga.
Es Pisang Hijau lebih banyak dicari pembeli saat bulan Ramadhan. Rasanya yang segar, manis, dan mengenyangkan sangat cocok sebagai hidangan berbuka puasa.

13. Cucuru Bayao

merahputih.com

Cucuru bayao ialah salah satunya. Kue khas Pangkep ini punya rasa yang amat manis dan selalu disajikan dalam pesta pernikahan. Dalam sebuah bosara, baki berkaki tinggi berisikan kue, cucuru bayao disajikan bersama barongko, taloba, biji nangka, kue pelita, dan sikaporo.

Dalam bahasa Makassar, 'cucuru' berarti kue, sedangkan 'bayao' artinya telur. Memang, kue ini berbahan dasar telur, gula pasir, dan kenari. Bentuknya bulat pipih dan berwarna kuning tua. Teksturnya lembut dengan rasa manis juga gurih khas aroma telur. Cita rasa manis yang kental pada kue-kue yang disajikan di pesta pernikahan Bugis Makassar 
merupakan simbol harapan akan manisnya kehidupan yang akan diarungi kedua mempelai. Mitos lain, anak gadis yang mencicipi kue tradisional ini di upacara pernikahan dipercaya jodohnya aka segera tiba.

Karena menggunakan banyak sekali telur, warna kue ini berwarna pun menjadi keemasan (golden). Warna tersebut melambangkan kemuliaan, kemegahan, serta keangungan yang bermakna baik.

Tak hanya sarat makna, penyajian cucuru bayao juga unik. Setelah matang dikukus, kue yang tampilannya mirip talam ini harus direndam dulu dengan air gula hingga terserap habis. Barulah kue siap dinikmati.



Source : 
https://budaya-indonesia.org/Jalangkote-6
https://www.skyscanner.co.id/berita/7-kuliner-khas-makassar-yang-akan-membuat-anda-tak-ingin-pulang
https://bacaterus.com/resep-sayur-labu-siam-santan/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nasi
https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-3763632/krenyes-segarnya-sayur-pakis-atau-sayur-paku
https://jendelakulinernusantara.wordpress.com/2016/04/20/ikan-pallu-cela-makassar-ikan-masak-garam/
https://www.google.com/amp/s/makassar.tribunnews.com/amp/2017/10/19/begini-sejarah-lahirnya-konro-bakar-di-makassar
https://m.winnetnews.com/post/ternyata-ini-nih-sejarah-kenapa-kerupuk-bisa-ada-di-indonesia
http://www.kerjanya.net/faq/18516-acar.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sambal
https://www.google.com/amp/s/merahputih.com/post/amp/cucuru-bayao-si-kue-manis-simbol-harapan-pengantin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar