Kamis, 05 September 2019

INGREDIENTS #2


1. Zuccini 

Zukini (dari bahasa Italia, Zucchini (tunggal) atau zucchina (jamak)) adalah sejenis labu kecil yang buahnya dipanen sebelum matang untuk dijadikan sayuran. Sayuran ini merupakan salah satu bentuk budidaya dari Cucurbita pepo. Di Prancis, Inggris dan negara-negara Benelux sayuran ini lebih populer sebagai courgette (dibaca "kurzet"). Warna luar buahnya bisa kuning serta hijau tua atau muda. Bentuknya biasanya mirip mentimun, meskipun ada pula yang berbentuk bulat atau seperti botol, tergantung kultivarnya.
Sayuran ini relatif baru dikenal di Indonesia (paruh kedua abad ke-20), meskipun populer dalam masakan Eropa. Penggunaan zukini biasanya mirip seperti belustru, gambas (oyong) atau beligo, yaitu disayur dengan kuah encer. Di beberapa tempat, zukini dipotong-potong lalu digoreng. Zukini jarang dimakan secara segar (tanpa diolah).
Selain dari segi nutrisi, manfaat lain dari zucchini bagi kesehatan tubuh belum begitu banyak dipelajari, akan tetapi ada beberapa studi tentang manfaat labu ini terhadap hewan percobaan. Selain itu studi-studi yang telah dilakukan lebih melihat labu secara keseluruhan bukan spesifik hanya zucchini. Sebagai antioksidan, zucchini merupakan sumber yang baik dari mangan, vitamin C, dan vitamin A yang merupakan antioksidan. Selain itu terdapat juga kandungan antioksidan lain seperti lutein dan zeaxanthin. Aktivitas zat antioksidan dalam zucchini termasuk yang stabil, yang terbukti dari hasil studi terhadap keaktifan antioksidan zucchini yang telah dibekukan. Untuk mendapatkan manfaat yang menyeluruh dari antioksidan dalam zucchini maka ada baiknya kita mengkonsumsinya tidak hanya dagingnya saja tetapi juga kulit dan bijinya.
Zucchini mengandung sejumlah vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, folat, dan kolin), dan serat pangan yang bermanfaat dalam pengaturan kadar gula darah. Dari hasil penelitian pada hewan percobaan menunjukkan adanya manfaat antiinflamasi di sistem kardiovaskular dan saluran pencernaan, yang berasal dari omega 3 (yang terdapat dalam biji zucchini), senyawa karoten lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten, serta senyawa antiinflamasi dari golongan polisakarida yaitu homogalacturonan. Adanya kombinasi antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam zucchini sehingga cukup logis dikatakan adanya manfaat bahan makanan ini sebagai antikanker. 

Sejarah Zuccini 
Tanaman  zuccini pada awalnya dibudidayakan di wilayah Selatan Meksiko hingga Barat Daya Amerika Serikat sekitar 8.000 SM. Kemudian dikembangkan di negara-negara beriklim subtropis. Sayuran ini relatif baru dikenal di Indonesia pada paruh kedua abad ke-20, dan mulai masuk ke sentra-sentra pertanian dataran tinggi di Indonesia.

Manfaat Zuccini 
1. Mendukung kesehatan mata 
kamu yang ingin memiliki mata sehat yang terhindar dari hal-hal yang mengganggu kegiatan sehari-hari seperti rabun, maka kamu perlu mengonsumsi jenis sayuran ini. Zukini juga mengandung vitamin A dan lutein yang sangat efektif dan ampuh dalam mencegah serta mengobati permasalahan mata.

2. Kaya serat 
kamu yang sering sembelit karena kurangnya mengonsumsi makanan yang kaya serat, maka cobalah untuk mencicipi zukini. Sayuran ini memiliki kadar serat yang cukup tinggi untuk menghindari permasalahan perut seperti sembelit. Tentunya sistem pencernaan akan terasa lancar dan anti sembelit.

3. Mencegah osteoporosis 
Zukini mengandung manfaat baik seperti fosfor dan magnesium. Kedua senyawa ini ternyata sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsinya. Jika kesehatan tulang dapat terjaga secara penuh, maka penyakit seperti osteoporosis pun dapat dicegah

4. Cocok untuk diet 
Zukini ampuh dalam menurunkan berat badan sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh kamu yang dalam prosss diet.

Selain itu, kalori dalam zukini terbilang cukup rendah dan mampu memberikan sensasi kenyang yang cukup lama sehingga sangat ampuh untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.
5. Anti asam urat 
Zukini mengandung asam lemak omega-3 dan anti inflamasi cartenoids yang berfungsi untuk menghilangkan dan mengusir asam urat di dalam tubuh. Hal ini tentu saja karena asam urat dapat memancing peradangan pada sendi yang disebut dengan arthritis apabila kadar asam urat terlalu tinggi


Nutrisi pada zukini terdiri dari vitamin C, A,K dan juga fosfor. Dipercaya zukini dapat memenuhi kebutuhan vitamin C di tubuh. Selain itu vitamin ini juga dapat mengatasi masalah kulit seperti kudis. Sifat anti oksidan di dalamnya dapat mencegah penuaan seperti keriput kulit.

Kandungan fosfor dan magnesium di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan diketahui membantu wanita dalam mencegah osteoporosis. Makan zucchini yang mengandung vitamin A dan sejumlah lutein juga bisa mengatasi masalah kesehatan mata.

Kecuali itu juga dapat mencegah sembelit. Kandungan seratnya akan melindungi dari risiko kanker usus. Gejala penyakit jantung dan stroke bisa dikurangi dengan mengkonsumsi zuchini secara teratur. Sayuran ini bisa menurunkan kadar homocysteine yang menyebabkan stroke. Zucchini banayk dijual di pasar swalayan besar.

2. White Radish 



Lobak adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok, dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Tanaman yang mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan.
Saat ini daerah yang banyak ditanami lobak adalah dataran tinggi Pangalaengan, Pacet, Cipanas, dan Bedugul. Luas areal tanaman lobak di Indonesia saat ini berkisar 15.700 hektare.
Tanah yang baik untuk tanaman lobak adalah tanah gembur, mengandung humus (subur), lapisan atas tanah yang tidak mengandung kerikil (batu-batu kecil), dan derajat keasaman tanah 5-6. Waktu penanaman yang cocok adalah saat musim hujan atau awal musim kemarau. Untuk penanaman pada musim kemarau, tanaman harus cukup air.
Kandungan gizi pada Lobak 
Lobak putih mengandung zat-zat gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat gizi makro yang ada di dalam lobak putih di antaranya adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Meski tidak banyak, lobak putih juga memiliki kalori.
Tanaman lobak putih mengandung potasium dalam jumlah yang sangat banyak. Lobak putih juga mengandung mineral lain seperti sodium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Beberapa vitamin yang ada di dalam lobak putih yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks.
Manfaat pada Lobak 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lobak putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kehadiran antioksidan di dalam lobak putih yang didapatkan melalui kandungan vitamin C. Peningkatan sistem kekebalan tubuh terjadi karena vitamin C telah memperbaiki metabolisme tubuh.
Selain vitamin C, beberapa kandungan zat gizi lainnya seperti vitamin B, vitamin E, dan potasium juga turut berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Pengonsumsian lobak putih secara teratur bisa mencegah Anda jatuh sakit dan tidak mudah tertular penyakit.

2. Menurunkan berat badan

Jika Anda memiliki masalah berat badan yang berlebih maka mengonsumsi lobak putih bisa menjadi solusi karena khasiat lobak putih bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Lobak putih mengandung serat dan kandungan air yang tinggi.
Kandungan serat pada lobak putih akan menambah massa tinja Anda dan membantu membuangnya. Selain itu, serat tersebut juga membuat Anda terasa lebih kenyang sehingga mencegah Anda untuk makan lebih banyak.

3. Membantu detoksifikasi

Makanan dan minuman yang Anda makan mengandung racun-racun yang berbahaya jika tidak segera dibuang. Racun yang dibiarkan menumpuk bisa mengganggu kesehatan Anda dan memicu berbagai masalah medis.
Manfaat lobak putih bisa membantu Anda untuk membuang racun-racun tersebut. Kandungan zat yang ada di dalam lobak putih bisa menghilangkan limbah metabolisme tubuh yang bersifat racun sehingga tubuh akan terbebas dari racun.

4. Menjaga kesehatan kulit

Lobak putih ternyata juga bisa membuat kulit Anda tetap sehat. Khasiat lobak putih yang satu ini ada karena beberapa kandungan seperti air, vitamin C, vitamin B kompleks, dan berbagai mineral. Kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit Anda.
Kulit yang tetap lembap akan terhindar dari gangguan kulit seperti kulit kering, kulit bersisik, kulit kusam, ruam kulit, dan kulit pecah-pecah. Oleh karena itu, konsumsilah lobak putih agar kulit Anda tetap sehat dan indah.

5. Membantu proses pencernaan

Manfaat lobak putih juga bisa membantu proses pencernaan. Hal ini tidak lepas dari dukungan serat yang terkandung di dalam lobak putih. Serat makanan pada lobak putih bisa membantuk gerakan usus menjadi lebih teratur.
Selain itu, serat makanan ini juga bisa meningkatkan kemampuan sistem pencernaan tubuh bisa metabolisme tubuh membaik. Khasiat lobak putih juga bisa membersihkan usus Anda dari berbagai zat penggangu kesehatan karena mengandung serat makanan.

6. Melindungi dan menjaga organ hati

Organ hati adalah organ yang sangat penting dijaga karena hati memiliki banyak fungsi. Fungsi hati yang sangat banyak bisa terganggu jika hati memiliki banyak masalah. Oleh karena itu, perlindungi terhadap hati harus dilakukan.
Manfaat lobak putih bisa menjaga kesehatan hati dan mengatasi beberapa masalah. Khasiat lobak putih yang dapat melakukan detoksifikasi tubuh ternyata bisa mengurangi kerja hati. Ini bisa mencegah hati dari kerusakan karena beban kerja menetralisir racun.

7. Menjaga kesehatan jantung

Selain menjaga kesehatan organ hati, manfaat lobak putih juga dapat menjaga kesehatan organ jantung. Serat makanan yang dikandung oleh lobak putih dapat menyerap kolesterol untuk dibuang. Hal ini berdampak pada penurunan kadar lipid darah.
Kadar lipid darah yang berkurang adalah kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Jika kadar kolesterol LDL dan kadar trigliserida menurun maka hal ini bisa menjaga jantung tetap sehat.

8. Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium yang sangat tinggi pada lobak putih ternyata memiliki khasiat terhadap tekanan darah. Berkat kandungan potasium, manfaat lobak putih ternyata bisa mengendalikan tekanan darah.
Hal ini dikarenakan potasium pada lobak putih dapat mempertahankan keseimbangan natrium dan kalium di dalam tubuh. Pengonsumsian lobak putih bisa menurunkan tekanan darah. Ini sangat baik bagi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

9. Mengontrol kadar gula darah

Tidak hanya tekanan darah, lobak putih ternyata juga bisa mengontrol kadar gula darah. Sayuran cruciferus ini memang memiliki kemampuan hipogiklemik yang bisa menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal.

10. Mengobati demam dan flu

Jika Anda atau keluarga Anda mengalami demam atau flu maka jangan tergesa-gesa untuk mengambil obat-obat kimia. Manfaat lobak putih ternyata bisa mengobati demam dan flu. Ini dikarenakan lobak putih mengandung zat-zat yang bersifat antibiotik sehingga mampu mengatasi infeksi yang menyebabkan demam dan flu.

11. Mencegah radang tulang rawan

Manfaat lobak putih bisa membantu mengobati osteoartritis. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam lobak putih dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.
Vitamin C di dalam lobak putih juga dapat merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tulang rawan. Pengonsumsian lobak putih pun bisa mencegah Anda dari radang atau nyeri pada tulang rawan.
Karakteristik 
Tanaman lobak memiliki akar tunggang dengan akar samping yang tumbuh pada akar tunggang. Akar tunggang ini nantinya berubah fungsi dan bentuk menjadi umbi yang besar. Bunganya mirip bunga petsai tetapi berwarna putih sedangkan bijinya berbentuk bulat, berukuran besar, dan berwarna kekuningan. Untuk batangnya, ukurannya pendek dan daunnya lonjong berbulu.

3. Parsley 
www.stylecraze.com 

Peterseli atau yang dalam bahasa inggris disebut parsley merupakan spesies Petroselinum dalam keluarga Apiaceae, berasal dari wilayah Mediterania pusat (Italia selatan, Aljazair dan Tunisia), dinaturalisasi di tempat lain di Eropa, dan banyak dibudidayakan sebagai ramuan, rempah-rempah dan sayuran.
Peterseli mempunyai daun yang berwarna hijau cerah dan tanaman ini dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis maupun tropis. Sebagai tanaman Biennial (tanaman berbunga yang membutuhkan waktu dua tahun untuk menyelesaikan siklus hidup biologisnya), ketika tumbuh pada tahun pertama, tanaman ini berbentuk roset (susunan daun yang melingkar dan rapat berimpitan) dari 3 pinnate daun yang mempunyai panjang 10-25 cm dengan berbagai selebaran daun 1-3 cm, dan akar tunggangnya digunakan sebagai cadangan makanan di musim dingin.
Kandungan gizi peterseli :
Nilai nutrisi per 100 g (3.5 ons)
– Energi 151 kJ (36 kcal)
– Karbohidrat 6.3 g
– Gula 0.9 g
– Serat 3.3 g
– Lemak 0.8 g
– Protein 3.0 g
– Thiamine (vit. B1) 0.1 mg (9%)
– Riboflavin (vit. B2) 0.2 mg (17%)
– Niacin (vit. B3) 1.3 mg (9%)
– Pantothenic acid (B5) 0.4 mg (8%)
– Vitamin B6 0.1 mg (8%)
– Folate (vit. B9) 152 μg (38%)
– Vitamin C 133.0 mg (160%)
– Vitamin K 1640.0 μg (1562%)
– Kalsium 138.0 mg (14%)
– Besi 6.2 mg (48%)
– Magnesium 50.0 mg (14%)
– Phosphorus 58.0 mg (8%)
– Potassium 554 mg (12%)
– Zinc 1.1 mg (12%)

Manfaat dari Parsley 
  • Kaya akan nutrisi
    Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam parsleyDi antaranya Vitamin A, Vitamin B12, Vitamin C, dan Vitamin KKandungan vitamin tersebut sangat penting bagi tubuh untuk meningkatkan daya tubuh AndaSelain itu, kandungan nutrisi dalam parsley membantu menguatkan tulang dan memperbaiki sistem saraf Anda.
  • Jantung sehat
    Selain kaya akan kandungan nutrisi, mengonsumsi parsley dapat menurunkan tekanan darah Anda. Parsley mengandung asam folat yang bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah Anda serta mengatasi masalah yang berhubungan dengan cardiovascular. Secara tidak langsung, parsley juga menjaga kesehatan jantung Anda.
  • Anti-carcinogenic
    Kandungan asam folat dalam parsley juga memiliki khasiat untuk mencegah kanker. Terlebih lagi, hasil penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi parsley dapat mengurangi risiko kanker serviks dan kanker kolon. Saat ini, sudah tersedia parsley dalam bentuk essential oil yang bisa Anda temukan dengan mudah.
  • Pencernaan sehat
    Kurang asupan sayur dan buah dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan parsley yang membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah beberapa gastrointestinal problems. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk teh parsley.
  • Ginjal sehat
    Mengonsumsi parsley juga memberikan manfaat untuk kesehatan ginjal Anda. Parsley membantu meningkatkan kinerja ginjal Anda. Selain itu, parsley juga membantu mencegah masalah infeksi sistem urinari. Namun, bagi Anda yang menderita batu ginjal, sebaiknya menghindari parsley.
Karakteristik Parsley 
Peterseli memiliki ciri-ciri yaitu daun- daunnya padat seperti selada, namun strukturnya amat halus dan kecil. Tangkai daun muncul dari batang dengan ukuran lebih besar daripada batang seledri

Source : 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Zukini
http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/823-zukini-cucurbita-pepo-l
https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/health/fitness/amp/tresna-nur-andini/manfaat-sehat-zucchini-exp-c1c2
https://eventkampus.com/blog/detail/2188/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-zukini
https://m.detik.com/food/info-sehat/d-2024015/cegah-kulit-keriput-dengan-makan-zucchini
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lobak
https://www.google.com/amp/s/doktersehat.com/manfaat-lobak/amp/
https://brainly.co.id/tugas/2365457
https://www.google.com/amp/s/rezahape.wordpress.com/2012/03/03/peterseli-seledri-si-hijau-yang-kaya-manfaat/amp/
https://www.google.com/amp/s/doktersehat.com/manfaat-daun-parsley-yang-harus-anda-ketahui/amp/
http://blog.umy.ac.id/masterwayne/2017/12/13/parsley/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar