Sabtu, 09 November 2019

DAILY ACTIVITY #46

"Food is our common ground,a universal experience" 
-James Beard 

Selamat datang kembali di wonderfood ^^ 
Hari ini tanggal 28 oktober 2019 dan hari ini adalah hari sumpah pemuda... Di pagi ini dikampus kami diadakan upacara sumpah pemuda pada pukul 07.45 hingga pukul 08.30 
Setelah upacara selesai pun kami kembali ke kitchen dan bergegas berganti pakaian lalu kami pun memulai praktik hari ini.. 

Sebelum mulai praktik ada beberapa bahan yang baru datang,aku dan temanku pun membantu untuk menyusun barang terlebih dahulu.. mulai dari sayuran,buah,hingga beberapa bahan untuk pastry dan bakery 

Sesudah semua bahan tertata rapi kami pun memulai oneline dan juga mulai membagi section dimana team2 akan berada.. Sebenarnya aku sedari pagi ini aku sudah deg2 an guys, kaya feeling gitu kayanya team aku hari ini dapat Main Kitchen deh... hmmm sebenarnya its okay sih dapet main kitchen cuma kan kalau di main kitchen banyak banget nih yang mau dikerja terus ngehandle makanan utama lagi takut aja gituh kalau ada yang salah atau gagal.. 

Dan beberapa saat kemudian ternyaataa benar guys feelingku kali ini, iyaps kita dapat main kitchen hulalalalaa hahaha.. 
Karena hari ini adalah hari senin, hari kita pertama praktik kita akan mulai prepare banyak nih guys.. tetapi untuk anak main kitchen sendiri tidak begitu banyak yang akan diprepare,why? 

Because untuk segala jenis sayuran yang prepare adalah anak cool kitchen jadi kita ga begitu banyak prepare deh... cukup buat beberapa jenis sauce yang akan digunakan dan juga stock.. tapi fourtunately masih banyak stok untuk chicken stock or brown stock di chiller so kita ga usah prepare lagi xD

Oh iya aku belum bilang ya kali ini kita dapet menu apa? iyaps kita  mengulang kembali menu ala carte 1. karena kami sudah pernah praktik ala carte 1 sebelumnya,sehingga di putaran kedua ini,kami lebih ditekankan pada rasa dan teksture makanan kami. dan diharapkan sudah tidak ada lagi produk makanan yang gagal.. 

Karena dihari itu ga begitu banyak prepare an aku pun membantu teman kelompokku untuk membuat Ducheese Potatoes 

Ducheese Potatoes adalah makanan yang dibuat dengan cara menumbuk, menggiling, atau melumat kentang yang sudah direbus. Resep kentang tumbuk muncul pertama kali pada 1747 sebagai bagian dari buku resep The Art of Cookery oleh Hannah Glasse.

RECIPE OF DUCHEESE POTATOES 
Ingredients :
3 kg potatoes
100 gr butter
to taste salt
to taste white pepper
to taste nutmeg
10 pcs egg yolks

Procedure :
1. Steam potatoes or simmer then in salted water until tender. drain in a colander and let dry in an oven for several minutes


2. pass the potatoes through a food mll or ricer
3. add butter and mixer to a smooth paste. season to taste with salt, pepper, and just a little nutmeg
4. if the potatoes are very moist, stir over a low flame to stiffen. they must be much stiffen than mashed potatoes
5. add the egg yolks and beat until smooth


6. put the mixture in a pastry bag with a star tube and bag out into desired shapes on sheet pan or as platter boerders. cone shaped spiral mounds are most popular for individual portion sevice.

7. if desired, brush lightly with egg wash for grater browning
8. At service time, place potatoes in hot oven (400 - 425 derajat F/ 200-230 derajat C) until lighly browned. platter borders may be browned under the salamander)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar