Minggu, 26 Mei 2019

ASPARAGUS


Asparagus, dalam pengertian umum, adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genusAsparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Dengan adanya sifat diuretik tersebut, asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus merupakan sumber terbaik asam folatnabati, sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium. Tumbuhan ini juga merupakan sumber rutin, suatu senyawa yang dapat memperkuat dinding kapiler.

Sejarah dari Asparagus 

Tanaman Asparagus berasal dari daratan Mediterania di Eropa Selatan dan pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Romawi sejak 200 tahun sebelum masehi. Pada zaman kejayaan kerajaan Lois XIV (Tahun 1600-an) di Perancis, tanaman asparagus ditanam secara intensif dalam ruangan rumah kaca sebagai tanaman yang memiliki khasiat yang tinggi untuk kesehatan. Dari daratan Eropa perkembangan budidaya tanaman asparagus menyebar ke negeri Belanda dan Jerman, di dataran Amerika berkembang di Negara Amerika Serikat yaitu di Washington. Sedangkan di dataran Asia berkembang di negara China, Taiwan, Thailand, Korea, Jepang, Filipina dan Indonesia.

Nutrisi yang terkandung dari Asparagus 

Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat dalam asparagus.
Nutrisi per cangkir
Kalori44 kal
Protein4,65 gram
Air165 gram
Serat larut1,15 gram
Serat tak larut1,75 gram
Karbohidrat7,60 gram
Gula2,85 gram
Lemak tunggal0,02 gram
Lemak jenuh0,12 gram
Lemak ganda0,23 gram
Selain itu, asparagus juga kaya akan berbagai mineral seperti magnesium, fosfor, selenium, seng, sodium, besi, tembaga, kalsium, dan mangan.
Berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, vitamin A, tiamin, dan niasin hadir pula dalam jumlah yang memadai pada asparagus.
Manfaat dari Asparagus 
1. Antioksidan dalam asparagus membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
2. Kandungan mineral dalam jus asparagus sangat membantu mengontrol kadar gula darah.
3. Asparagus juga baik untuk jantung. Jus asparagus yang dicampur dengan madu mentah, jika dikonsumsi dua kali atau tiga kali dalam sehari dapat menjaga kesehatan jantung.
4. Asparagus diyakini mampu mencegah multiple sclerosis dan infeksi kandung kemih.
5. Asparagus juga berguna bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi karena mampu menurunkan tekanan darah.
6. Asparagus bermanfaat untuk ibu menyusui karena membantu meningkatkan produksi susu serta mencegah masalah saraf pada janin.
7. Asparagus dikenal memiliki sifat antivirus dan anti jamur.
8. Karena kaya akan vitamin K, asparagus bermanfaat untuk tulang dan mencegah kerusakan saraf otak sehingga bermanfaat bagi penderita penyakit Alzheimer
Karakteristik dari Asparagus 
BATANG
Asparagus memiliki batang dalam tanah (rizoma), yang akan menumbuhkan rebung. Sementara “batang” yang tampak di luar tanah merupakan tempat tumbuhnya cabang, ranting dan daun, tinggi tanaman hanya sekitar 1 m, dengan diameter batang hanya 1 cm.
DAUN
Daun Asparagus berbentuk jarum. Sepintas tanaman Asparagus penghasil rebung ini mirip dengan cemara.
BUAH
Asparagus berbuah buni berbentuk bulat dengan diameter 0,5 cm. Warna buah hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi cokelat kehitaman ketika telah tua. Buah masak ditandai dengan warna hitam serta lembeknya kulit buah dengan daging buahnya yang sangat tipis.
BIJI
Biji Asparagus berwarna hitam dengan kulit biji sangat keras.

Source : 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Asparagus
http://bumiherbal.com/2014/04/asal-usul-dan-jenis-asparagus/
https://www.amazine.co/18627/nutrisi-asparagus-ketahui-kandungan-gizi-asparagus/
https://brainly.co.id/tugas/12737722

Tidak ada komentar:

Posting Komentar