Minggu, 25 Agustus 2019

DAILY ACTIVITY #26

Hari ini aku dan teman-temanku yang lain datang pagi sekali.. yaitu pukul 06.00 karna tim kami maincourse dan yaa banyak yang perlu dipersiapkan seperti nasi,kerupuk,mulai memasak pallu ce'la,konro bakar dan juga lawar pakis..

Sesampainya dikitchen pun aku membantu temanku untuk membuat konro bakar dan kemudian mulai membuat lawar pakis.. namun pada pukul 09.00 kami pun dipanggil oleh pak ical untuk one line, dan kelompok kami pun diputar seperti awal kembali. karna kelompok yang 13 orang itu adalah kelompok dadakan dan hanya sementara.. kemudian aku pun kembali ke kelompok awal yaitu dessert.. sehingga kami pun bertukar pekerjaan.. menjelaskan pekerjaan apa saja yang belum selesai untuk dilanjutkan kelompok lain.  

Akhirnya aku pun berpindah kelompok menjadi kelompok dessert yang menyiapkan pisang ijo dan cucuru bayao. Alhamdulillah cucuru bayao nya sudah selesai dan tinggal menunggu pisang ijo nya matang saja.. 

dan aku beserta tim ku yang lainnya pun prepare kembali untuk menu esok yaitu Appetizer dari Oriental Buffet.. yang tak lain adalah Thai beef Salad dan juga Chinese spinach and peanut salad 

Seperti namanya thai beef salad berasal dari thailand, yang terbuat dari bahan utama nya yaitu daging sirloin. Thai beed salad ini sangat menyegarkan dan menggugah selera untuk makanan selanjutnya. 

Dengan porsi yang tidak terlalu banyak,rasa di dalam menu ini mencakup rasa manis,asin, asam nah dengan cita rasa ini pasti cukup untuk menggugah selera makan kan.. 

Sedangkan Chinese Spinach and Peanut Salad adalah kombinasi dari bayam, cuka dan juga kacang. Kedua hidangan itu adalah bintang nya di restoran Cina lokal dan kadang kadang orang menyajikannya bersama-sama untuk menciptakan cita rasa yang lebih baik. 

Oh ya kacang nya digoreng hingga renyah dan kemudian ditaburi dengan saus cuka pedas. Kacangnyaa pun crispy dan juga renyah sementara cuka menambah rasa yang enak dan membuat hidangan lebih lezat.. hmmm yummy..


Lalu bayam yang dihaluskan disajikan dengan saus cuka yang sama. Kedua hidangan ini disajikan sebagai makanan pembuka sederhana atau disebut hidangan dingin (凉菜, liang cai) di China


Di menu ini, saus cuka adalah kuncinya biasanya menggunakan cuka tua (老醋, lao cu) atau cuka hitam yang seperti cuka balsamic. Ide sausnya juga mirip dengan saus balsamic yang bergaya Italia.

Cuka di campur dengan rempah rempah dan juga minyak. Tetapi alih alih menggunakan minyak zaitun dan lada hitam. Di China sering menggunakan kombinasi jahe, bawang putih, kecap, saus tiram,lada putih, minyak wijen,biji wijen panggang,gula dan garam. Yang kemudian menyebabkan rasa yang manis dan gurih tetapi tetap mendominasi rasa asam yang menyegarkan..

Nah sekarang aku akan membagikan resep Chinese  Spinach and Peanut Salad dan Thai beef salad spesial untuk teman teman semuaaa 😁😁




Bahan :
500 gr  bayam
1 cup kacang mentah
1 sdm minyak kacang atau minyak sayur
2 sdm cuka hitam cina
1 sdt kecap asin
2 sdt gula
1/2 sdt garam
2 sdt jahe yang sudah di cincang (opsional)
biji wijen putih yg dipanggang untuk garnish nya

Cara membuat :

1. Rebus air dan kemudian blanch bayam sebentar kurang lebih 2 menit. angkat dan tiriskan bayam tunggu hingga dingin
2. Tambahkan minyak dan kacang di wajan. Panaskan di atas api sedang dan aduk dengan spatula terus menerus sampai kulit kacang berubah menjadi coklat gelap dan ujung kacang nya berubah menjadi coklat ke emasan. Ingat jangan sampai gosong ya teman teman hihihi.. Matikan api,angkat dan tiriskan kacang nya.







3. Gabungkan cuka hitam,kecap asin,gula dan garam di dalam mangkuk kecil,aduk rata lalu sisihkan.

4. Saat bayam sudah cukup dingin untuk dipegang,peras airnya dengan kedua tangan lalu potong bayam menjadi potongan yang berukuran 8cm (3inc) lalu letakkan di beberapa mangkuk kecil
5. Sebelum bayam disajikan, taburi bayam dengan kacang tanah dan saus cuka. Jangan lupa garnish dengan biji wijen.. dan Chinese Spinach and Peanut Salad siap untuk disajikan


Thai beef salad

Ingredients
450gr decent quality steak, sirloin or other
10 thai chili pepper sliced crosswise very thin (or substitute jalapenos or Serrano chilles, minced)
2cloves garlic
1tbsp sugar
5tbsp thai fish sauce
5tbsp lime juice, fresh squeezed
1 heart of romaine lettuce
12spring fresh mint (optional)
1pcs small cucumber, sliced
3pcs shallot, sliced
4springs cilantro oil, stems removed
Procedure
1.       Grill or broil the steak until medium rare. Trim of any fat. Cool and slice thin, into pieces approx.. 2 inches across and 1/8 inch thick
2.       Mix garlic, chillies, fish sauce, lime juice, and sugar in a small bowl
3.       Add the sliced meat and toss with the cucumbers and shallots. Taste and add more fish sauce if desired

4.       Make a bed of the lettuce on a serving plate. Place the beef on top. Garnish with cilantro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar