Selasa, 26 Mei 2020

SHARE SOMETHING INTEREST IN YOUR INTERNSHIP DURATION #1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Haii gaes welcome to my wonderfood blog 

di laman ini aku akan membagikan beberapa ceritaku yang menurutku menarik untuk dibagikan selama aku disini,tempat dimana aku sedang on the job training yaitu di Hotel Sentral Seaview Penang, Malaysia 

Aku mulai bekerja di sini sejak tanggal 6 january 2020. Dan banyak sekali pengetahuan baru yang ku dapat disini salah satunya adalah cara berinteraksi dan bekerja sama dengan orang asing, i mean dengan orang luar negeri yang watak nya serta kebudayaannya yang pasti berbeda 

Sebelum aku mulai kerja disini, aku sempat khawatir dan cemas karena takut.. yah mana mungkin lah aku ga takut buat kerja di negaranya orang lain.. banyak teman temanku yang bercerita tentang kerasnya kerja di Malaysia,. ada yang bilang "kamu nanti kalau sakit gimana, kamu nanti kalau drop gimana,,. nanti kamu gakuat disana,.. aku takut kamu nanti kenapa napa disana. nanti kamu malah mundur dan akhirnya di drop out kaya senior kamu yang sebelumnya itu.. 

Yah ada temanku bilang yang seperti itu.. mereka membuatku untuk berfikir 2x,3x bahkan sampai 10x lebih untuk memutuskan apakah aku harus pergi atau ngga.. 

Aku pun mencari info lebih dalam lagi dengan seniorku yang sebelumnya sempat training di Malaysia, dan respon mereka ada yang positif dan negatif tentunya.. positifnya kamu akan dapat akomodasi,tempat tinggal di hotel dan makan gratis.. dapat gaji pula tapi tentu saja dibalik semua fasilitas itu pasti ada kerja keras yang tiada tara juga.. 

Dan aku pun bertanya ulang pada diriku sendiri, apakah aku bisa? apakah aku mampu? 
dan setelah aku meyakinkan diriku sendiri akhirnya aku pun memutuskan untuk tetap memilih malaysia sebagai tempat tujuanku. Aku pun berusaha untuk meyakinkan orang tua serta keluargaku lebih dulu agar mereka percaya dan yakin terhadapku kalau aku bisa. 

Honestly, ini adalah cita-citaku dari dulu maybe from when i was in elementary school. kenapa bisa? 
ya bisa, karena aku melihat kakakku yang sering berpergian ke luar negeri gratis dia mendapatkan banyak beasiswa untuk keluar negeri. dan mulai sejak itu aku ingin sekali seperti itu berpergian ke luar negeri, gratis.. ya walaupun saat aku ke malaysia, aku masih harus membutuhkan uang orang tua ku untuk membayar passport, tiket pesawat dan lain lain.. tapi aku yakin pasti nanti uangnya akan kembali bukan? dan maybe akan kembali 2x lipat seperti yang senior aku ceritakan.. 

Akhirnya pun cita-citaku terwujud yah untuk pertama kalinya aku pergi ke luar negeri,sendiri lagi  tanpa ada keluarga yang ikut. aku sangat cemas sekali takut nanti ada apa-apa selama perjalanan, tapi Alhamdulillah semuanya baik baik saja.. Alhamdulillah Ya Allah 

Saat aku sedang awal-awalnya bekerja hal tersulit yang aku rasakan adalah mengenai bahasa. ya aku belum terbiasa dengan bahasa melayu. yang aku pun tak paham sama sekali. ya walaupun aku sering nonton upin ipin tapi aku lebih sering membaca translate nya daripada bahasa yang mereka ucapkan hehe itulah kenapa sangat sulit bagiku untuk mengerti, aku sering salah mengambil bahan, sering salah faham juga misal aku kira yang dimaksud itu A ternyata B.. pokoknya di awal-awal aku sering sekali minta maaf karna sering salah dan merepotkan chef2 ku hhehe maaf ya chef xD 

Tapi untungnya mereka sangat baik sekalii, baik baik super baik dan mengerti aku.. mereka tak pernah marah.. ya kalau ga marah ga mungkin sih maksudnya marah yang super duper marah gituu.. bisa dibilang sikap mereka kalau sedang marah itu lebih ke bad mood gitu jadi ga marah tapi lebih ke sifatnya yang tiba tiba diem lah atau wajahnya yang jutek lah yah lebih ke seperti itu tapi aku faham kok, dan aku masih tetap bersyukur aku dipertemukan oleh orang-orang yang baik disekelilingku.. alhamdulillah 

Rakyat disini pun dari beraneka ragam, pastinya yang pertama dari Melayu,lalu China, India,Nepal, Bangladesh juga banyak. jadi aku bisa tahu oh sifat orang melayu itu seperti ini, cara kerja orang china seperti ini, india, bangla ataupun nepal.. 

Perlahan pun aku mulai mengenal mereka dan menyesuaikan bahasaku untuk bercerita dengan mereka. oh iya guest disini pun tak kalah ramai juga kebanyakan guest disini adalah melayu,china,india,canada,australia, amerika.. banyak sekalii 

Disinilah aku mulai mengambil kesempatan untuk mengetahui gimana sih caranya handle guest yang orang australia atau pun india.. Pernah di satu moment ada rombongan dari India datang untuk stay di hotel tempat aku training. kalau ga salah mereka stay disini selama 3 hari. dan total breakfast pun 200 pax lebiih. dan kebanyakann dari mereka adalah india. india semua malah mungkin 5% nya hanya guest melayu saja. dan pengetahuan yang ku ambil dari mereka adalah, mereka tidak makan sesuatu yang mengandung hewan seperti ayam,atau sapi jadi mereka lebih dominan makan vegetarian dan roti alhasil chefku pun tidak memasak sesuatu yang ada ayam atau sapi nya. chef memasak vegetarian semua. dan yang sering habis dalam breakfast itu adalah roti tawar jadi aku harus extra lebih lagi untuk refill roti huft hahaha.. bayangin aja ya aku baru aja refill roti 5 menit yang lalu eh ini udah habis aja kan sebel wkwkw kadang sampai sampai aku pun tak tahu cara rem kakiku. karna terlalu seringnya jalann untuk merefill hehe 

Sebenarnya bukan cuma waktu guest yang india aja sih, sebelum-sebelumnya juga begiitu cuma aku mau bagiin cerita yang pas guest india aja hehe 
dan setelah guest india pun pulang, rombongan guest dari kulit putih pun datang yap mereka australia. dan saat aku handle mereka its very different 100% dri india bukannya aku membeda bedakan mereka ya tapi aku hanya ingin berbagi cerita saja. disini perbedaanya adalah mereka makan nya dalam keadaan tenang seperti table manner sungguhan. seperti ada orang tapi tidak ada orang saking tenangnya suasananya.. aku pun tidak banyak merefill makanan juga karena mereka mengambilnya dalam porsi sedikit. pokoknya is the best deh.. hehe tapi aku senang juga kok bisa dapat guest dari india, karena mereka memberiku banyak pengetahuan dan pengalaman baru

Dan aku bersyukur sekali bisa dapat  pengalaman seperti ini, pengalaman yang mungkin tidak semua teman aku dapat rasakan, aku juga bangga dengan diriku sendiri karna aku bisa mengambil keputusan yang tidak mudah untuk masa depanku ini 

Karena dunia itu seluas langkah kaki, jelajahilah dan jangan takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya 


-END- 
see u in the next story :)


Epilog
Hai dia patrick salah satu guest dari Canada, dia sangat baik denganku selalu tersenyum disaat kami bertemu,pokoknya ramah sekali deh.. sayang dia hanya stay disini selama 1 minggu tapi aku tetap senang bisa berjumpa dengannya-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar